Warga Baubau Diminta Buat Septic Tank Kedap Air

Kepala Dinas PUPR Baubau, Andi Hamzah Machmud (Foto RRI)

KBRN, Baubau: Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Baubau meminta pembuatan septic tank atau tangki kotoran dari rumah atau bangunan warga harus kedap air yang dapat disedot secara berkala. 

Kepala Dinas PUPR Baubau, Andi Hamzah Machmud mengatakan pembuatan septic tank kedap air bertujuan agar limbah tinja tidak meresap ketanah karena dapat mengancam keberlangsungan kebersihan air tanah. 

Karena itu pihaknya juga sedang menggodok Peraturan Daerah (Perda) tentang Limbah Domestik. Salah satu penekanan dalam Perda tersebut akan mengatur tentang kewajiban pembuatan septic tank kedap air.

"Saat ini kita sedang menyusun Perda Limbah Domestik. Insya Allah, kita akan bahas dan selesaikan tahun ini juga. Perda ini berkaitan dengan sanitasi. Jadi kalau masyarakat membuat WC harus kedap. Tidak boleh WC itu tidak penuh-penuh (tinja) sampai tujuh turunan karena itu mencemari air dan lingkungan,"ungkap Andi Hamzah Machmud kepada rri.co.id ditulis Jum'at(28/1/2022). 

Ia mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir jika septic tank kedap air penuh. Karena petugas Dinas PUPR Baubau akan menyedotnya dan selanjutnya dibawa ke bangunan pengolahan limbah yang ada di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS). Setelah diolah, maka air tinja akan dibuang kembali dan tidak lagi mencemari lingkungan.

"Kita sudah punya sarana penyedotan dan bangunan pengolahan tinja. Jadi, kalau Perda ini sudah diberlakukan, maka kami berencana masuk membongkar septik tank di rumah-rumah PNS untuk dibuatkan WC kedap,"ujarnya.

Andi Hamzah menambahkan, sebenarnya penggunaan septic tank kedap air sudah disosialisasikan sekira tiga tahun terakhir namun semua tergantung kedisiplinan dan kesadaran masyarakat menerapkannya agar tidak mencemari air tanah. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar