DLHK Kendari Pastikan Kapasitas TPA Sampah Puuwatu Masih Cukup

KBRN, Kendari : Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (DLHK) kota Kendari, Sulawesi tenggara (Sultra) memastikan kapasitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Puuwatu masih mencukupi untuk menampung produksi sampah masyarakat di daerah ini.

“Untuk kapasitas TPA sampah Puuwatu di pastikan masih mencukupi untuk menampung produksi sampah masyarakat di kota Kendari.” Tutur Kepala Bidang Persampahaan dan Pengelolaan Limbah B3 DLHK kota Kendari Adi Jaya Purnama di Kendari, kamis (27/1/2022).

Namun demikian kata Adi Jaya Purnama agar TPA Puuwatu tidak mengalami over kapasitas pihaknya telah melakukan beberapa strategi salah satunya dengan membuat program daur ulang sampah dengan tujuan sampah masyarakat sebelum dibuang di tempat pembuangan sementara (TPS) sampah untuk terlebih dahulu dilakukan pemilahan.

“Jadi jika masyarakat dapat melakukan program pemilahan sampah secara baik dan terus menerus sudah di pastikan volume sampah yang akan di angkut ke TPA Puuwatu akan semakin berkurang sehingga keberlangsungan TPA sampah akan semakin panjang dari volume sampah setiap harinya.”Tutur Adi Jaya Purnama.

Lebih lanjut Adi Jaya Purnama mengatakan agar keberlangsungan TPA Puuwatu dapat di gunakan saat ini pihaknya melakukan metode sanitari renfil atau sampah yang masuk di TPA di kumpul di daerah cekungan untuk selanjutnya di lakukan penimbunan untuk mengurangi aroma bau dari sampah.   

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar