Rumah di Baubau Wajib Miliki Sumur Resapan

Foto Ist

KBRN, Baubau: Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Baubau mewajibkan tiap bangunan maupun rumah menyediakan sumur resapan untuk meminimalisir genangan air bila terjadi curah hujan tinggi. 

Kepala Dinas PUPR Baubau, Andi Hamzah menegaskan pihaknya kini semakin memperketat syarat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Permohonan izin pendirian bangunan bisa diberikan jika sudah dilengkapi sumur resapan. 

Ia mengatakan syarat pengurusan IMB atau sekarang dikenal dengan istilah Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) itu, akan mulai diterapkan tahun 2022 ini. Pihaknya tidak akan menerbitkan PBG yang diajukan pemohon bila tidak menunjukkan sumur resapan di lokasi pembangunan.

"Pemkot Baubau melalui Dinas PUPR akan mewajibkan kepada seluruh masyarakat yang mengurus IMB untuk menyiapkan sumur resapan minimal 2x3 atau 3x3 meter untuk satu lokasi. Saya sebagai Kadis PU memastikan syarat itu diberlakukan tahun ini. Jika pemohon IMB atau istilah sekarang PBG tidak menyiapkan sumur resapan, maka kita tidak akan keluarkan dan saya tidak tanda tangani permohonan izinnya,"tegas Andi Hamzah kepada rri.co.id ditulis Rabu(26/1/2022). 

Menurut Andi Hamzah, penyediaan sumur resapan juga bertujuan untuk menjaga kelangsungan ketersediaan air minum dan kesuburan tanah.

Lebih dari itu menurutnya, penyediaan sumur resapan sekaligus untuk mengedukasi masyarakat bahwa lahan yang dimiliki tidak boleh hanya digunakan untuk kepentingan sendiri. Melainkan, ada kepentingan-kepentingan lingkungan yang mesti dijaga untuk kelangsungan hidup. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar