Gonda Baru Baubau Terima Penghargaan ProKlim dari Kementerian Lingkungan Hidup

Panen Pagi Warga Gonda Baru.,(Dok.Keurahan Gonda Baru)
Salah satu Pekarangan Warga Gonda Baru,(Dok.Keurahan Gonda Baru)
Aktifitas Penanaman Pohon di Kelurahan Gonda Baru,(Dok.Keurahan Gonda Baru)

Gonda Baru Baubau Terima Penghargaan ProKlim dari Kementerian Lingkungan  Hidup

KBRN, Baubau : Kelurahan Gonda Baru Kecamatan Sorawolio Kota Baubau satu-satunya wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang mendapat sertifikat ProKlim Utama dari Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Apresiasi itu diumumkan secara virtual lewat Zoom meeting Selasa 19 Oktober 2021 di Arboretum Gedung Maggala Wanabakti  Senayan Jakarta.

Berdasarkan Surat Undangan Penyerahan Penghargaan dari KLHK, Gonda Baru masuk dalam deretan penerima Sertifikat Proklim  Utama bersama 198 Kabupaten/Kota se Indonesia.

“Saya tidak menduga dan bersyukur sekali Pertama saya mengucapkan terimakasih atas kekompakan masyarakat mendukung program ini, dan alhamdulillah kami juga sangat didukung Wali Kota Baubau dan jajarannya utamanya Dinas Lingkungan Hidup,”ucap Lurah Gonda Baru Safrin saat dikonfirmasi RRI.Rabu,(20/10/2021).

Safrin mengungkapkan, Wilayahnya 70 persen adalah kawasan konservasi hutan,  jauh sebelum adanya program  ProKlim, masyarakatnya telah  membudayakan kegiatan penanaman pohon dan memegang prinsip tidak boleh ada lahan kosong dalam keadaan gundul.

“Masyarakat disini sebelum meninggalkan lahan yang telah digunakan berkebun selalu ditanami pohon dan itu diatur oleh adat istiadat warga setempat,”tambahnya.

Aktivitas menonjol kelurahan yang dihuni 502 KK itu  adalah pemanfaatan pekarangan, sehingga Gonda Baru juga dikenal warga Baubau sebagai kampung Bunga.

“80 persen masyarakat disini menanam tanaman hias di pekarangannya, dan alhamdulillah menghasilkan uang,”tandasnya.

Setelah sukses meraih penghargaan berupa sertifikat, selanjutnya Gonda Baru bertekat meraih ProKlim kategori Lestari ditahun mendatang.

Pencanangan Gonda Baru sebagai Kampung Iklim (ProKlim)  telah digarap sejak Mei  2021 Lalu. Saat itu Mewakili Wali Kota Baubau, Sekretaris Daerah Roni Muchtar Hadir dan memberikan arahan. Usai penetapan, pihak kelurahan menyusun dokumen dan lolos verifikasi di Kementerian KLHK dalam Festival  Iklim 2021.

Sebelumnya Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Baubau, Ibnu Wahid menyebutkan, Proklim adalah program Nasional yang diinisiasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Program tersebut, kemudian diturunkan dan dijabarluaskan kepada kabupaten/kota sampai pada tingkat RT/RW sebagai upaya membangun sebuah ekosistem iklim yang baik.

Dengan demikian, semua pihak harus bersinergi membangun sebuah ekosistem iklim yang bagus dengan mengurangi emisi rumah kaca dan mengurangi karbon sehingga kelurahan Gonda dapat memiliki peran besar dalam pengendalian iklim Nasional maupun Internasional.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00