World Cleanup Day 2021 di Palabusa Hasilkan Puluhan Karung Sampah

Kegiatan Cleanup di Palabusa.jpg
Kegiatan Cleanup di Palabusa

KBRN, Baubau : Puluhan Komuntas dan Organisasi Kemahasiswaaan bersama Instasi Pemerintah turun tangan dalam Peringatan World Cleanup Day (WCD)  19 September 2021 di pesisir pantai Palabusa Kecamatan Lea-lea Kota Baubau.

Selama beberapa jam menggelar gerakan bersih-bersih sedunia, para relawan berhasil mengumpulkan puluhan karung sampah yang diisi dalam karung beras berkapasitas 50 kilogram.

Leader Clean Up Day Sulawesi Tenggara Muhamad Yunan mengungkapkan, tingkat pemahaman warga Palabusa akan pengelolaan sampah cukup minim. Diharapkan, adanya aksi WCD masyarakat tidak lagi membuang sampah ke laut, namun warga setempat dapat memilah dan mengelola sampah dengan baik, utamanya plastic dapat didaur ulang dan bernilai jual.

“Event WCD ini bukan hanya seremonial belaka namun diharapkan masyarakat bisa paham dan menggaungkan Gerakan pilah sampah dari rumah sehingga teredukasi secara mandiri dan tidak lagi membuang sampah ke laut,”harap Yunan.

Sementara mewakili Pemerintah Kota Baubau  Plt Dinas linkungan hidup Baubau Ibnu Wahid saat sambutan menggaungkan geraka 3R yakni reuse, reduce, dan recycle kepada masyarakat Kecamatan Lea-Lea dalam rangka  menciptkan lingkungan sehat dan jauh dari polusi sampah plastik.

“Polusi sampah plastik ini memang jutaan ton dihasilkan di dunia ini memang sulit dilakukan daur ulang, namun tentunya kami berharap masyarakat tetap mengedepankan 3 R, dan pihak kecamatan Lea-lea dapat membentuk bank sampah,”tutur Ibnu.

Ia berharap masyarakat Palabusa tidak hanya menghasilkan rupiah dari rumpul laut, namun dapat mengelola sampahnya sendiri di Bank sampah ataupun komposter. Hal itu kata Ibnu Wahid dapat menambah nilai ekonomi bagi keluarga.

Tak hanya membersihkan pesisir  Pantai, WCD tahun ini dirangkaikan dengan  Launching dua buah tempat sampah model ikan dan yang diletakan  di  wisata Batusori dan kampung nelayan budidaya rumput laut Kelurahan Palabusa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00