SKIPM Baubau Tanam Ratusan Mangrove Guna Lestarikan Ekosistem Laut

Penanaman 560 pohon Bakau di Kelurahan Lowu-lowu Kecamatan Lea-lea,(Foto:SKIPM Baubau).jpg
Penanaman 560 pohon Bakau di Kelurahan Lowu-lowu Kecamatan Lea-lea,(Foto:SKIPM Baubau).jpg
Penanaman 560 pohon Bakau di Kelurahan Lowu-lowu Kecamatan Lea-lea,(Foto:SKIPM Baubau).jpg

KBRN, Baubau : Peringati Bulan Mutu Karantina Ikan Tahun 2021, Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Baubau menanam 560 pohon Bakau di Kelurahan Lowu-lowu Kecamatan Lea-lea.Senin,(7/6/2021).

Kegiatan peduli lingkungan tersebut dirangkaian dengan pembersihan  area pasar Lowu-lowu.

Kepala SKIPM Baubau Arsal Azis mengatakan, Kegiatan tersebut  sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan ekosistem laut, sekaligus menjaga kelestarian biota laut yang ada di wilayah pesisir Lowu-lowu.

“Kita ketahui bersama bahwa ekosistem laut yang sangat penting itu ada tiga yaitu terumbu karang, mangrove dan padang lamun. Kelurahan Lowu-lowu ini  terpilih karena memang nanti untuk pengembangan sektor perikanan, selain itu akan  dijadikan tempat wisata mangrove dan wisata kuliner,”kata Arsal.

Sementara kegiatan pembersihan sanitasi pasar Lowu-lowu sebagai upaya menjamin kualitas dan higinitas ikan  hasil tangkapan, sehingga sampai ketangan masyarakat dalam keadaan steril dari bakteri dan tetap sehat untuk dikonsumsi.

“Perlunya menjaga itu sehingga betul-betul nanti ikan yang akan kita konsumsi aman dan sehat dan juga dapat menjegah stanting sehingga mutu ikan dan pangan lainnya yang diperjual belikan lebih sehat,”tambahnya.

Kegiatan penanaman ratusan pohon mangrove tersebut  merupakan lanjutan dari kegiatan tahun 2020. Sebelumnya SKIPM telah menanam 5.000 Pohon Bakau di kawasan tersebut. Seluruh bibit didatangkan langsung  dari Kabupaten  Wakatobi.

SKIPM Baubau juga berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Baubau, Kelurahan Lowu-lowu, Fakultas Perikanan Unidayan Baubau, Badan Pusat Statistik (BPS) serta Perbankan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00