DPRD Kota Kendari siap dukung pemekaran wilayah baru di kecamatan Baruga

Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari LM.Rajab Jinik.jpg

KBRN, Kendari : Ketua Komisi III DPRD kota Kendari LM.Rajab Jinik mengatakan akan mendorong pemekaran wilayah di Kecamatan Baruga sebagai agenda aspirasi masyarakat pada pertemuan Badan Peraturan Daerah (Baperda) DPRD nantinya.

hal tersebut di ungkapkan Rajab Jinik saat melaksanakan reses dengan menerima berbagai aspirasi masyarakat di kelurahan Watubangga kecamatan Baruga, Rabu (24/2/2021)

Menurut Rajab pemekaran wilayah di kecamatan Baruga sudah lama di inginkan oleh masyarakat maupun pemerintah setempat mengingat luas wilayah kecamatan Baruga yang cukup luas dan memungkinkan dilakukan pemekaran.

Selain itu kata ketua komisi III DPRD kota Kendari itu pemekaran wilayah di kecamatan Baruga ini sangat memungkinkan karena jumlah penduduk antara kecamatan baruga dan kambu juga sangat tidak seimbang yang mana jumlah penduduk Baruga berdasarkan data yang ada tercatat sekitar 24 ribu jiwa lebih sedangkan kecamatan Kambu hanya sekitar 14 ribu jiwa dan hal tersebut juga menjadi ukuran untuk melakukan pemerkaran wilayah.

“Jadi ada aspirasi dari masyarakat tentang pemekaran wilayah dan dari pihak kelurahan watubangga juga sudah lama mengusulkan tentang pemekaran ini karena  luasnya wilayah juga menjadi salah satu faktor sehingga penyelenggaraan pemerintah di tingkat bawah itu tidak efektif.”Tutur Rajab Jinik.

Sementara itu Walikota Kendari Sulkarnain kadir saat di konfirmasi RRI mengatakan pihaknya akan melihat dan mempelajari usulan masyarakat untuk menambah jumlah kelurahan di kecamatan baruga, sebab pembentukan kelurahan baru harus di dasari jumlah penduduk dan jika jumlah penduduk telah memenuhi syarat maka tidak menutup kemungkinan pemekaran dapat dilakukan.

“Nanti kita lihat kalau kelurahan itu pembentukannya salah satu basisnya jumlah penduduk dan kalau jumlah penduduknya telah berkembang saya kira tidak menutup kemungkinan untuk kita mekarkan.”Tutur Sulkarnain Kadir.

Untuk di ketahui usulan pemekaran wilayah di kecamatan Baruga telah lama di minta oleh masyarakat setempat untuk membentuk dua kelurahan baru yakni kelurahan Alo Jaya dan kelurahan Nanga – Nanga dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari pemerintah kota kendari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00