Peduli Disabilitas, Dandim 1413 Buton Inisiasi Inclusive Community Expo

Olahraga Pagi Bersama Penyandang DIsabilitas Baubau (Foto:RRI)
Olahraga Pagi Bersama Penyandang DIsabilitas Baubau (Foto:RRI)

KBRN, Baubau : Puluhan penyandang disabilitas di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), terlihat bahagia saat mengikuti olahraga pagi di pelataran kantor Satpol PP Baubau pada Sabtu (16/1/2021) pagi.

Giat Olahraga ini merupakan inisasi dari Dandim 1413 Buton, Letkol Inf. Arif Kurniawan bersama Komunitas Baubau Creative Forum (BBCF) dengan menggandeng lembaga vertikal, BUMN dan Perbankan.

Saat ditemui RRI usai berolahraga, Dandim Arif menyebutkan mengajak penyandang disabilitas berolahraga pagi bertujuan untuk meningkatkan imun tubuh, apalagi saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan teman-teman difabel/inclusive bisa terus tetap sehat. Sekaligus kita sosialisasikan kepada masyarakat bahwa ada teman-teman kita yang perlu berdampngan dengan kita, mereka hadir untuk melaksanakan berbagai macam kegiatan. Karena mereka bagian dari kita semua,” ungkap Arif Kurniawan.   

Lebih lanjut Arif menyebutkan, olahraga pagi ini merupakan rangkaian dari kegiatan Inclusive Community Expo. Event ini sengaja dibuat untuk mengapresiasi dan bentuk kepedulian kepada para penyandang Disabilitas Baubau sekaligus memperingati dari Hari Disabilitas Internasional. Dalam Inclusive Community Expo ini akan menampilkan ragam talenta yang dimiliki para penyandang disabilitas.

“Kita ada Inclusive Community Expo, tempatnya nanti di Mangga Dua/Creative Space Baubau mulai tanggal 17-31 Januari 2021. Rangkaian kegiatannya teman-teman difabel menampilkan apa yang menjadi bakat dan kemampuan mereka. Silahkan nanti bagi yang pingin melihat,” tambahnya.  

Pemilik pangkat Dua melati ini menambahkan kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari kegiatan yang telah dilaksanakan di Hutan Pinus Samparona pada akhir Desember lalu.

“Disambung kembali di awal tahun ini, dengan harapan semuanya bisa bersatu, saling bergandengan tangan apalagi situasi seperti saat ini, semuanya butuh uluran tangan kita,” pungkasnya.   

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Baubau, Burhan mengaku bahagia dengan keterlibatan PPDI dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini menjadi ajang untuk bersosialisasi dengan masyarakat luas dan memperoleh akses informasi untuk mengembangkan diri sepertihalnya warga Negara lainnya.

“Alhamdulillah, disini saya dan teman-teman mendapat bayak masukan, sperti dari Perbankan. Karena komunitas kami ini banyak yang punya usaha sendiri, dan masih banyak yang belum tau jalur penambahan modalnya. Tadi Alhamdulillah sudah disampaikan,” terangnya.

Burhan berharap Pemerintah Kota Baubau kedepan bisa inklusi dan semakin peduli dengan keberadaan para penyandang disabilitas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00