Terlambat Bayar Iuran Listrik, PJU Diputuskan Sementara

Penerangan Jalan Umum (Foto:Ist)

KBRN, Baubau : Sejumlah titik Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalami mati lampu dalam kurun waktu yang cukup lama. 

Dampaknya, ruas jalan pemukiman warga yang sedari pukul 18.00 Wita sudah mulai diterangi PJU harus mengalami gelap-gelapan yang menghawatirkan pengguna jalan dan masyarakat sekitar. 

Menanggapi hal ini Kepala Dinas Perhubungan Kota Baubau, Abdul Karim mengatakan selain disebabkan kerusakan, ada juga yang terpaksa diputuskan aliran listriknya untuk sementara waktu dikarenakan keterlambatan pembayaran iuran bulanan oleh daerah ke pihak PLN. 

"Pernah kemarin dibeberapa titik karena terlambat pembayarannya sampai ada yang tidak menyala," jelasnya kepada RRI, Rabu (10/8/2022). 

Karim menyebutkan nominal biaya pembayaran iuran listrik PJU oleh Pemkot Baubau kepada PLN cukup besar setiap bulannya. 

PJU yang terpasang di Kota Baubau lajut Karim terdiri dari Dua macam,  ada yang menggunakan meteran ada pula yang tidak menggunakan meteran. 

Pembayaran PJU bermeteran dibayarkan sesuai penggunaan, sementara yang tidak menggunakan meteran, dilakukan kontrak pembayaran antara Pemkot dengan PLN. 

"PJU yang tidak bermeteran ini merupakan pengadaan Dinas Pertambangan yang kini tersisa di beberapa beberapa titik saja," terangnya. 

Untuk itu kedepan pemasangan akan diprioritaskan pada penggunaan PJU bermeteran sehingga biaya tagihan  sesuai penggunaan listrik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar