Distanak Sultra Akan Pastikan Hewan Qurban Bebas Penyakit PMK

KBRN, Kendari : Dinas Tanaman Pangan Dan Peternakan (Distanak) Sulawesi tenggara (Sultra) mensyaratkan hewan layak qurban bebas dari penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) dan usia hewan yang cukup.

Kepala bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Distanak Sultra, La Ode Muhammad Jabal, mengatakan  saat ini marak penyebaran PMK, maka syarat utama hewan qurban adalah bebas dari PMK dan penyakit lainnya serta juga cukup usia buat diqurban dan mulai 6 Juli pihaknya akan secara serentak turun kepenjual hewan qurban guna melihat dan mengecek kesehatan hewan.

"Tim kita akan memantau dari tingkat peternak hingga ke penjual hewan qurban untuk menjamin hewan yang diqurbankan oleh masyarakat itu aman dan sehat untuk dikonsumsi,"tutur Laode Muhammad Jabal di Kendari, (5/7/2022).

Menurutnya mengingat Sultra masih terbebas dari PMK, maka hanya melakukan pemeriksaan secara fisik. Seperti melihat mulut hewan ternak, kuku hewan juga dicek, apakah luka dan mengeluarkan nanah.

"Alhamdulillah hingga saat ini Sultra masih zona hijau atau masih dterbebas dari PMK. Jadi karena kita masih bebas PMK jadi hanya secara fisik tidak perlu pengambilan sampel darah," ungkapnya.

Lebih lanjut Laode Muhammad Jabal mengatakan Pihaknya telah menyiapkan beberapa obat tertentu kepada beberapa kelompok ternak yang ada, sehingga bisa mengantisipasi agar PMK tidak menjangkiti hewan ternak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar