Jalan Wisata Kendari - Toronipa Tahap Perampungan

KBRN,Kendari: Akses jalan wisata Kendari – Toronipa yang kini memasuki tahapan perampungan, bakal dipermulus menggunakan aspal Buton. 

“Penggunaan aspal alam Buton dalam project infrastruktur jalan, merupakan bagian komitmen Gubernur Sultra Ali Mazi memberdayakan produk aspal lokal yang diproduksi di Lawele, Kabupaten Buton,” ungkap Kepala Bappeda Sultra, J Robert, Selasa (5/7/2022).

Menurut Robert, langkah tersebut sejalan dengan kebijakan Presiden Jokowi yang mendorong maksimalisasi penggunaan produk dalam negeri memasok kebutuhan proyek infrastruktur Nasional.

“Kualitas Aspal Buton (Buton Asphalt) atau dikenal Asbuton yang diproduksi di Lawele Kabupaten Buton, telah teruji memenuhi standar jalan nasional, dibanding aspal minyak. Harga Asbuton juga jauh lebih murah,” kata Robert.

Robert menambahkan, penggunaan Aspal Buton ini dilakukan setelah rampung tahap konstruksi beton jalan wisata Kendari- Toronipa sepanjang 14 kilometer lebih yang ditarget Agustus 2022. 

“Jalan wisata Kendari-Toronipa rencananya akan dilaunching pada 17 Agustus tahun ini bertepatan dengan momen HUT RI,” ucapnya.

Setelah Launching jalan wisata Kendari -Toronipa pada 17 Agustus 2022, selanjutnya akses jalan wisata itu akan dilapis dengan Aspal Buton.

“Setelah Beton, semua akan diaspal. Dananya dari APBD Sultra, bukan dari SMI karena yang SMI akan selesai pada Agustus tahun ini,” imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar