Kemenag Sultra Siapkan Cadangan Untuk Penuhi Kuota JCH 2022

KBRN, Kendari: Kuota Jemaah Calon Haji (JCH) Indonesia asal Sulawesi Tenggara (Sultra) pada musim haji 1443 H 2022 M sebanyak 917 jemaah.

Dari kuota itu Jemaah yang telah melakukan pelunasan sebanyak 901 orang, sedangkan 16 jemaah diantaranya tidak melakukan pelunasan sampai batas waktu yang telah ditentukan dalam pelunasan biaya haji.

“Karena batas pelunasan sampai tanggal 20 Mei, maka dari kuota itu yang melunasi sebanyak 901 jemaah, sementara cadangannya yang melunasi sebanyak 151 orang dari kuota cadangan sebanyak 184 orang,” kata Kasi bina penyelenggara umrah dan haji khusus Kemenag Sultra, Laode Halaidi di Kendari, Jum’at (27/5/2022).

Diterangkan, untuk memenuhi pengganti kuota tersebut, maka pihak Kemenag Sultra mengusulkan 16 jemaah cadangan yang akan mengganti Jemaah yang telah terdaftar dalam kuota tersebut.

“Kami sudah konsep surat pengusulan cadangan untuk diusulkan ke pusat (Kemenag RI), nanti penetapannya pusat yang menentukan 16 jemaah setelah diferivikasi sehingga kuota kita genap menjadi 917 orang,” ujarnya.

Dalam konfirmasi sebelumnya lanjut Laode Halaidi, alasan para Jemaah yang belum melakukan pelunasan dikarenakan berbagai factor sehingga menunda pemberangkatannya pada tahun ini.

“Ke 16 orang ini menunda dengan membubuhkan tandatangan dalam surat pernyataannya karena alasan sakit, hamil dan alasan lain sehingga tidak dapat menunaikan ibadah haji tahun ini,” terangnya.

Jemaah calon haji yang tertunda keberangkatannya tahun ini, pihak Kemenag Sultra akan mengusulkan kembali dalam waiting list (daftar tunggu) untuk musim haji tahun berikutnya, termasuk Jemaah cadangan yang telah melunasi biaya haji.         

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar