Petani di Kabupaten Konawe Kembangkan Tanaman Palawija

KBRN, Konawe : Pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi tenggara (Sultra) terus mendorong Petani di daerah itu mengembangkan tanaman palawija dengan luas 4.448 hektar yang tersebar di beberapa wilayah.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Konawe Gunawan Samad mengatakan komoditas pelawija yang dominan di budidayakan atau di kembangkan para petani di Konawe berupa Jagung dan Kedelai.

“selain sebagai daerah penghasil padi tersebar di Sultra, kabupaten Konawe juga di kenal sebagai penghasil beberapa komoditas palawija seperti jagung dan kedelai,” tutur Kepala Dinas Pertanian Konawe, Gunawan Samad, Jumat (27/5/2022).

Dikatakan khusus areal lahan budidaya tanaman jagung  terdapat sekitar 2,601 hektar sedangkan lahan penanaman kedelai seluas 447 hektar di tahun 2021, kemudian ada penambahan lahan pengembangan dua komoditas palawija tersebut untuk tahun 2022 sekitar 1.000 hektar.

“budidaya jagung dan kedelai ini tersebar di beberapa kecamatan diantaranya kecamatan Lambuya, kecamatan Asinua dan kecamatan Routa sedangkan tempat penangkaran bibit kedelai terdapat di desa Wonuamonapa kecamatan Pondidaha dan potensi kedua komoditas palawija tersebut sangat baik terutama kedelai yang saat ini harga kedelai mencapai Rp11.000 perkilogram,” ujarnya.

Kadis Pertanian Konawe Gunawan Samad menyebutkan intervensi pemerintah daerah melalui dinas pertanian Konawe dalam pengembangan komoditas palawija tersebut diantaranya telah mengusulkan 1000 hektar lahan kedelai dan 50 ton bibit kedelai.

“untuk usulan penambahan luas lahan pengembangan tersebut serta bantuan bibit kedelai, sudah di koordinasikan dengan pemerintah provinsi dan pada bulan Juni para petani sudah mulai melakukan penanaman, “ ujar Gunawan Samad.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar