Pendidikan Kalosara Budaya dan Adat Istiadat Suku Tolaki

Kalosara suku Tolaki

KBRN,Kendari: Lembaga Taman Pemuda dan Mahasiswa Tolaki Sulawesi Tenggara (Tamalaki Sultra) akan kembali melaksanakan kegiatan pendidikan Kalosara (Pesara.

Ketua Tamalaki Sultra Alpian Anas mengatakan, kegiatan pendidikan Kalosara angkatan ke dua ini akan dijadwalkan digelar bulan Juli mendatang.

Dikatakan, sebelum kegiatan itu digelar, terlebih dahulu akan adakan pertemuan untuk semua kader Tamalaki Sultra guna membahas kegiatan pendidikan Kalosara (Pesara) angkatan ke dua sekaligus untuk rapat pembentukan kepanitiaan dalam kegiatan ini.

Menurut Alpian Anas, pendidikan kalosara ini adalah salah satu kegiatan atau wadah untuk membina dan membentuk karakter kader-kader mahasiswa tolaki untuk menjadi kader mahasiswa tolaki yang cinta akan budaya nya sendiri ,cinta akan pluralisme ,dan saling hormat menghormati antar sesama anak bangsa.

”Patut untuk diapresiasi kegiatan ini sebagai salah kegiatan positip yang harus terus di jaga sebagai ajang pengenalan budaya dan adat istiadat kita suku tolaki yang ada di jasirah Sulawesi Tenggara,” ungkap Alpian Anas.

Dikatakan Alpian, pendidikan Kalosara ini selain untuk membina dan membentuk karakter sekaligus untuk penguatan dan pemahaman kepada semua masyarakat Sulawesi Tenggara bahwa suku tolaki adalah suku yang cinta damai, suku yang mencintai perbedaan, suku yang memiliki karakter kepemimpinan yang baik santun dan penyayang serta menjadi pengayom bagi suku-suku lain yang ada di Sulawesi Tenggara ini,”jelas Alpian.

Sekedar mengingatkan, pendidikan Kalosara (Pesara ) angkatan pertama digelar bulan Oktober tahun 2021 diikuti sebanyak 54 orang dan angkatan ini sekaligus resmi bergabung sebagai kader Tamalaki Sultra dengan sangat memuaskan.

Ditambahkan, pendidikan Kalosara ini adalah program tahunan Tamalaki Sultra sebagai ajang perekrutan kader-kader yang mempunyai cikal bakal jiwa-jiwa kepemimpinan yang cinta akan adat istiadat nya itu sendiri. Pendidikan Kalosara ini juga bukan saja sebagai simbol pemersatu suku tolaki melainkan untuk memahami tujuan dan arti dari Kalosara sebagai lambang dan kelas sosial dalam masyarakat suku tolaki di Sulawesi Tenggara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar