Lapas Baubau Menanti Pembangunan Kantor Baru

kantor Lapas Baubau,(Dok.RRi).jpg

KBRN, Baubau : Kepala Lembaga Pemasyarakatan  (Lapas) kelas II A Baubau Herman Mulawarman belum dapat memastikan apakah usulan pembangunan kantor baru yang rencananya akan dibangun di Kelurahan Wakatonti bakal diamini pemerintah pusat atau malah sebaliknya.

Herman mengatakan pengusulan pembangunan Lapas baru telah digarap sejak 2019 lalu, namun terjadi banyak pemangkasan anggaran karena pandemi covid 19.

“Belum pasti karena kemarin baru dalam bentuk usulan apakah bisa diterima usulan tersebut atau tidak,”ungkapnya dihubungi RRI.

Pembangunan  Lapas baru telah ditentukan  di Wakonti Kelurahan Kadolokatapi, Kecamatan Wolio dengan lahan persiapan seluas 5 (lima) hektar.

Rencana tersebut  sebelumnya telah   masuk tahap pengusulan draft dan gambar. Bangunan kantor baru nantinya akan dilengkapi sarana olahraga untuk menunjang aktivitas para warga binaan.

Lanjut Herman, pembangunan lapas baru akan menjawab keresahan napi yang  jumlahnya sangat overcrowding lebih dari 100 persen.

Data Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas II A Baubau sabtu 7 Mei 2022,  penghuni ruang tahanan mencapai 416 Narapidana (Napi). Angka tersebut cukup besar dibandingkan kapasitas Lapas yang seyogyanya diisi 196 orang.

Jumlah tersebut belum termasuk tahanan  Polres dan Polsek yang tersebar di Kabupaten Buton, Baubau dan Wakatobi. Berdasarkan data yang sama  masih ada 42 tahanan di luar Lapas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar