DPRD Kota Kendari Apresiasi Bank Data Kelurahan Anggilowu

KBRN, Kendari : Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Kendari, Sulawesi tenggara (Sultra) mengapresiasi inovasi bank data yang dikelola kelurahan Anggilowu, kecamatan Mandonga dalam melakukan proses pendataan di masyarakat.K

“Kami dari Komisi I sangat mengapresiasi inovasi bank data yang ada di kelurahan Anggilowu, khususnya dalam melakukan proses pendataan masyarat, untuk itu kami bersama anggota lainnya menyempatkan waktu untuk melihat secara langsung proses sekaligus mendalami proses pendataan masyarakat ini.”Tutur Ketua Komisi I DPRD Kota Kendari Rizki Brilian Pagala seusai melakukan kunjungan di Kelurahan Anggilowu, Senin (6/12/2021).

Menurut Rizki dari hasil peninjauan pihaknya mengakui proses pendataan yang dilakukan sangat lengkap dan terintegrasi sehingga kedepannya jika proses pendataan masyarakat di kelurahan Anggilowu dapat di lakukan secara luas se kota Kendari sudah dipastikan akan bermanfaat bagi pemkot Kendari.

“Tadi kita sudah lihat bagaimana proses pendataannya ini menyangkut terkait dengan bantuan sosial kita bisa langsung mengecek siapa – siapa saja yang diklafikasikan sebaga penerima bansos dan masyarakat juga bisa mengecek langsung transparansi data yang ada di kelurahan dan sebenarnya ini yang kita inginkan.”Tutur Rizki Brilian Pagala.

Sementara itu Lurah Anggilowu Hery mengakui inovasi membuat bank data berawal dari niat untuk membangun kelurahan dan adanya dukungan seluruh lembaga – lembaga yang ada dikelurahan sehingga dapat tercipta bank data yang sesuai dengan perencanaan yang dilakukan secara bersama – sama.

“Sebenarnya inovasi ini muncul berawal dari niat dan ketika saya di amanahkan jabatan lurah memang kita punya niatan dulu untuk membangun kelurahan, setelah itu bersama – sama dengan kelembagaan yang ada di kelurahan melakukan perencanaan untuk mengembangkan bank data kependudukan di tingkat kelurahan.”Tutur Hery.

Lebih lanjut Heri mengatakan terobosan yang dirinya gagas berupa bank data menggunakan metode RRA (Rapid Rural Appraisal) di Kelurahan Anggilowu sudah tuntas, mulai dari penggolongan data hingga penggunaan google pro untuk memetakan lokasi, sehingga pelayanan kepada warga lebih mudah dan fleksibel.  

Hery berharap, stakeholder terkait di lingkup Pemerintah Kota Kendari bisa bersinergi dengan bank data yang pihaknya terapkan di Kelurahan Anggilowu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar