Tren Kasus Kebakaran di Baubau Menurun Selama Tiga Tahun Terakhir

Kodisi Rumah terbakar di Kelurahan Lamangga Baubau pada 25 Novemer 2021,(Dok.RRI).jpg 

KBRN, Baubau : Selama tiga tahun terakhir tren kasus kebakaran yang terjadi di Kota Baubau Sulawesi Tenggara (Sultra) terus menurun. Sabtu,(27/11/2021).

Catatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Baubau ditahun 2019 terjadi 114 perisitiwa kebakaran, tahun 2020 menurun  54 kejadian, dan tahun 2021 terhitung Januari hingga November menurun 29 kasus.

“Kalau persitiwa kebakaran tiga tahun ini menurun, sementara  tahun ini kalau tidak salah 29 kasus, tentu harapan kami tidak lagi naik,”ungkapnya Kepala Bidang Kebakaran dan Penyelamatan Damkar Baubau La Ode Nur Alam Ndoaka kepada RRI.

Menurut Nur Alam, penurunan kasus juga bagian dari upaya pihaknya dalam program Damkar menyapa melalui sosialisasi di lingkungan masyarakat, serta program kelurahan yang melibatkan Damkar dalam sosialsasi Kesiapsiagaan Bencana Kebakaran.

Lanjutnya, peristiwa kebakaran tidak dapat dipatok berdasarkan Musim, buktinya memasuki musim hujan saat ini juga terjadi kebakaran beruntun.

“Masyarakat kami minta agar tetap berhati-hati utamanya saat meninggalkan rumah, waspada terhadap penggunaan kompor gas dan minyak saat berpergian wajib dimatikan,  dan pastikan seluruh barang elektronik tidak terbubung ke listrik jika tidak diperlukan,”harapnya.

Sementara, Seminggu terakhir terjadi dua kasus kebakaran  di Kelurahan Lamangga Kecamatan Murhum Kota Baubau.

Pertama Kebakaran di Jalan Salangga Kamis (25/11) sore menghanguskan sebuah rumah panggung dalam keadaan kosong.

Dihari berikutnya Jumat (26/11) pagi tak jauh dari Tempat kejadian perkara (TKP) pertama si jago Merah juga melahap sebuah rumah semi permanen dan  1 (satu) unit motor.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar