Dukcapil Baubau Komitmen Berantas Praktek Pungli

Kepala Dinas Dukcapil Baubau, Arif Basari(Foto RRI)

KBRN, Baubau: Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Baubau, Arif Basari menegaskan sejak dirinya dipercaya menjabat kepala Dukcapil 2019 lalu, salah satu target kerjanya memberantas praktek pungutan liar(Pungli) disemua layanan administrasi kependudukan(Adminduk).

Arif mengatakan, semua layanan Adminduk gratis untuk masyarakat. Jika ada petugas yang memungut biaya atas jasa layanan pembuatan dokumen kependudukan, masyarakat diminta segera melapor kepada dirinya atau melalui layanan aduan Dukcapil Baubau. 

"Sesuai instruksi Dirjen Dukcapil bahwa ketika ada yang melakukan pungli, maka kami akan melakukan tindakan. Dimana, bagi ASN lansung dinonaktifkan dan bagi tenaga honorer lansung dipecat. Jadi tidak ada alasan layanan Adminduk melegitimasi praktek-praktek pungli,"tegas Arif Basari kepada rri.co.id ditulis Senin(18/10/2021). 

Komitmen berantas pungli oleh Kepala Dukcapil Baubau tersebut bukan cuma gertak sambal. Terbukti, salah satu oknum petugas Dukcapil Baubau dipecat lantaran melakukan pungli ketika memberikan layanan Adminduk kepada masyarakat. 

"Tahun 2020 awal, kami dapatkan salah satu tenaga honorer melakukan pungli sehingga kami sudah melakukan tindakan (pecat) untuk itu. Kami juga menyampaikan kepada masyarakat Baubau, ketika ada yang melakukan pungli silahkan melapor, kami sudah sebar nomor telepon kami atau bisa melalui layanan aduan pusat termasuk layanan aduan Dukcapil Baubau,"ujarnya

Arif mengatakan, setiap laporan dari warga tentang dugaan praktek pungli, selanjutnya akan dipelajari dan dilakukan penyidikan. Bila terbukti, maka oknum pelaku pungli lansung diberi sanksi. Ia juga memastikan identitas warga yang melapor, akan dirahasiakan. 

Meski begitu sejauh ini kata Arif, dirinya tidak menemukan lagi adanya praktek-praktek pungli tersebut. Tapi jika dikemudian hari ditemukan kembali, maka tindakan tegas menanti. 

"Karena Dukcapil Baubau hari ini adalah Dukcapil Bisa. Semua pelayanan Adminduk kepada masyarakat harus terbaik," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00