Kota Baubau Wakili Sultra Penilaian Kota Sehat Tingkat Nasional 2021

Kantor Wali Kota Baubau,(DOk.RRI).jpg

KBRN, Baubau : Kota Baubau satu-satunya daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang memenuhi kriteria penilaian dan lolos verifikasi  bedah dokumen Kabupaten Kota Sehat (KKS) 2021 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pernyataan tersebut sesuai surat radiogram Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Nomor 440/4147/Bangda 22 September 2021.

Atas capaian itu, Kota Baubau berhak mengkuti penilaian Kota Sehat Tingkat Nasional 2021 bersama 32 Kabupaten/Kota  Se Indonesia.

“Alhamdulillah dari 5 (lima) kabupaten Kota di Sultra hanya kota Baubau yang lolos verifikasi dokumen,”ungkap Kepala Bidang Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Baubau dr. Pangeran Abdul Azis.Jumat,(24/9/2021).

Lanjut Pangeran, sesuai surat tersebut, jadwal verifikasi dan penilaian di Kota Baubau masih bersifat tentatif, menunggu informasi sejalnjutnya dari Pusat. Sedangkan Kabupaten/Kota lainnya sudah berjalan dimulai 23 September.

“Setelah turunnya surat ini kita akan mengadakan pertemuan koordinasi bersma Tim Akselerasi dan Forum untuk menentukan lokus penilaian tim pusat itu, kemudia  tentukan rundown kegiatannya,”tambahnya.

Sejak akhir 2020 Tim Akselerasi bersama Forum Kota Sehat sudah menggodok segala persiapan menghadapi Penilaian Kota Sehat kategori Swasti Saba Wistara. Segala sesuatu dipersiapakan, mulai tatanan hingga dokumen.

Untuk mengoptimalkan Penilaian, Pemerintah Kota Baubau belum lama ini  menggelar Lomba Kelurahan dan Kecamatan sehat. Hasilnya seluruh kelurahan berpartisipasi aktif dan menonjolkan potensi wilayah masing-masing.

Berbagai prestasi KKS telah di raih Kota pemilik benteng terluas di dunia itu, dimulai Kota Sehat klasifikasi Padapa (Pemantapan) dari Kementerian kesehatan (Kemenkes) RI ditahun 2017,  selanjutnya di tahun 2019  predikat  kota sehat kategori Wiwerda (Pembinaan), dan tahun 2021 bersiap menghadapi penilaian Swasti Saba Wistara (Pengembangan).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00