8 Puskesmas di Kota Baubau Akan di Re-Akreditasi

KBRN, Baubau: Pada tahun 2021 ini sebanyak 8 puskesmas di Kota Baubau Sulawesi Tenggara(Sultra) akan di Re-Akreditasi dari 17 puskesmas se-Kota Baubau. 

Ke-8 puskesmas tersebut yaitu puskesmas Liwuto, Kaompenaho, Lakologou dan Bukit Wolio Indah. Kemudian, puskesmas Waborobo, Sulaa, Katobengke, dan Betoambari. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau, Rahmat Tuta mengatakan penilaian Re-Akreditasi akan dilakukan oleh tim independen yaitu Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Di tahun 2021 ini ada 8 puskesmas yang akan mengikuti reakreditasi. Dalam menghadapi Re-Akreditasi ini, kita sudah melakukan persiapan mulai dari tahap sosialisasi dan memberi pemahaman Puskesmas soal syarat Re-Akreditasi agar mereka mendapat nilai yang bagus,"ungkap Rahmat Tuta kepada rri.co.id ditulis Sabtu(18/9/2021). 

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinkes Baubau, Herlyn mengatakan Re-Akreditasi dilakukan tiap 3 tahun sekali pasca puskesmas terakreditasi. 

Herlyn menjelaskan tujuan Re-Akreditasi ini untuk melihat sejauh mana perkembangan dan pelayanan kesehatan di puskesmas pasca terakreditasi. 

"Artinya melihat kembali apakah Puskesmas ini setelah akreditasi tetap mempertahankan mutu pelayanannya baik dari sumber daya kesehatan dan sarana-prasarananya agar pelayanan puskesmas tetap dipertahankan dan semakin baik,"jelasnya.

Herlyn mengatakan, saat ini 17 puskesmas se- Kota Baubau telah terakreditasi dan secara bergilir akan di Re-Akreditasi. Karena waktu akreditasi tiap puskesmas tersebut berbeda-beda mulai dari 2016 sampai 2019. 

Ia menambahkan, akreditasi Puskesmas memiliki 4 tingkatan mulai dari akreditasi dasar, madya, utama dan paripurna. 

Dari 4 tingkatan akreditasi itu tambah Herlyn, 3 puskesmas di Baubau baru mendapat akreditasi dasar yaitu puskesmas Sorawolio, Meo-Meo dan Liwoluto.

Sedangkan, akreditasi utama 4 puskesmas yaitu puskesmas Lowu-lowu, Kadolomoko, Bataraguru dan Melai. Sementara 10 puskesmas sisanya akreditasi Madya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00