Bukit Wolio Indah Diluncurkan Sebagai Kelurahan Bersih Narkoba

Peluncuran Kelurahan BWI Sebagai Kelurahan Bersih Nerkoba, Foto (RRI)
Peluncuran Kelurahan BWI Sebagai Kelurahan Bersih Nerkoba, Foto (RRI)

KBRN, Baubau : Kelurahan Bukit Wolio Indah (BWI), Kecamatan Wolio Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi ditetapkan sebagai Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar).

Penetapan itu ditandai dengan peluncuran/launcing oleh Wakil Wali Kota Bauau, La Ode Ahmad Monianse bersama Kepala BNN Kota Baubau, Alamsyah Djufri dan turut disaksikan sejumlah Kepala OPD, Camat dan Lurah bertempat di Kantor Lurah BWI, Kamis (29/7/2021).

La Ode Ahmad Monianse menyebutkan massifnya peredaran gelap narkoba untuk merusak mental generasi bangsa dan berdampak pada lumpuhnya sendi-sendi kehidupan berbangsa tidak dapat lagi hanya dibendung oleh BNN, Kepolisian dan pemerintah setempat namun diperlukan peran aktif seluruh lapisan masyarakat.

“Salah satu upaya pencegahan adalah dibentuknya Kelurahan Bersinar. Basis paling bawah dari system pemerintahan kita. Mulai dari sana kita melawan narkoba. Narkoba adalah extraordinary crime dan sangat terstruktur, salah satunya dari aspek bisnis,” jelasnya.

Sementara itu Kepala BNNK Baubau, Alamsyah Djufri mengatakan saat ini di Baubau telah dibentuk Lima Kelurahan Bersinar dan Dua Kelurahan (BWI dan Wameo) sudah ditetapkan sebagai projeck pilot.

Jika masyarakat sekitar mengetahui ada warga yang terjerat penggunaan narkoba dapat langsung melaporkannya di kedua Kantor Kelurahan ini untuk mendapatkan pendampingan menuju proses rehabilitasi.

“Ada Bhabinkamtibmas dan Babinsa, jadi ketika mereka ke lapangan sudah bisa halo-halo ke masyarakat menyampaikan bahwa jika ada anggota keluarga yang terpapar narkotika dapat melaporkannya di kedua kelurahan tersebut,” pungkasnya.

Pemerintah pusat sendiri telah menetapkan perang terhadap peredaran gelap narkoba. Hal ini secara rinci dituangkan dalam Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Akasi Nasional tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Precursor Narkotika (P4GN) tahun 2020-2024.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00