Mulai Dibuka di Baubau, Alfamidi Jadi Contoh Pengelolaan Tenaga Kerja

KBRN,Baubau: PT Midi Utama Indonesia Tbk terus mengembangkan sayap pelayanannya di Provinsi Sulawesi Tenggara(Sultra) dengan membuka gerai Alfamidi pertama di Kota Baubau sekaligus menjadi gerai yang ke-53 di Sultra. 

Gerai Alfamidi pertama di Kota pemilik Benteng terluas di dunia ini terletak di jalan Pahlawan kilo meter 4 yang diresmikan langsung Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, Jum'at(18/6/2021). 

Dalam sambutannya, La Ode Ahmad Moninase berharap hadirnya toko modern sekelas Alfamidi dapat menjawab kebutuhan masyarakat perkotaan yang memiliki dinamika begitu tinggi karena Kota Baubau menjadi tempat transit dan tujuan belanja masyarakat di kepulauan Buton.

Selain itu Monianse juga berharap Alfamidi dapat menjadi contoh terbaik bagi perusahaan di Baubau dalam pengelolaan tenaga kerja utamanya pemenuhan hak-hak pekerja mulai dari pemberian upah sesuai standar dan mendaftarkan pekerjaannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan ataupun Kesehatan.

"Sebab tidak sedikit toko-toko besar di Baubau ini dari sekian tenaga kerjanya, yang dipertanggungkan di BPJS Ketenagakerjaan ataupun Kesehatan tidak lebih dari 5 persen. Ini suatu kondisi sangat memprihatinkan,"ungkapnya.

"Olehnya itu kami harap Alfamidi sebagai toko modern pertama di Baubau dalam klasifikasi minimarket dapat jadi contoh terbaik buat perusahaan lain didalam pengelolaan tenaga kerja,"tambahnya.

Area Manager Alfamidi Sultra, Fajar Dwi Rachmad menuturkan sebagai perusahaan bergerak dipenjualan barang-barang kebutuhan pokok, Alfamidi memastikan semua hak-hak pekerjanya terpenuhi. Disamping itu, tenaga kerja yang direkrut merupakan pekerja lokal. 

"Kalau untuk hak pekerja semisal keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan itu dari awal sudah kami daftarkan sesuai ketentuan aturan berlaku. Kemudian tekait salary(Gaji), kita selalu beri upah sesuai dengan UMK setempat. Memang hak-hak pekerja untuk di Alfamidi selalu kita penuhi,"ungkap Fajar. 

Ia mengatakan, pihaknya juga membuka ruang memasarkan produk-produk UMKM sesuai yang direkomendasikan pemerintah setempat. Selain itu pihaknya memiliki program menyuplai barang-barang kebutuhan pokok ke warung-warung kelontong dengan harga relatif murah agar tidak mematikan warung kategori kecil disekitar gerai. 

"Harapannya agar pedagang kecil ini bisa menjual produk-produk yang seperti kita jual dengan harga yang sama dengan kami, sehingga dengan begitu pasar modern tidak mematikan pengusaha kecil,"tuturnya.

Selain dijalan Pahlawan, Gerai Alfamidi dalam waktu dekat akan hadir dibeberapa titik lain di Kota Baubau. Saat ini untuk Sultra, Alfamidi telah ada di Kota Baubau, Kabupaten Konawe selatan, Konawe, Kolaka dan kabupaten Bombana. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00