Perekonomian Kota Baubau Bangkit Lewati Puncak Pandemi Covid-19

Penyampaian Pidato Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse Menyambut Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI (Foto:RRI)

KBRN, Baubau : Perekonomian Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) tercatat mampu bangkit melewati puncak serangan pandemi Covid-19.

Tingkat pertumbuhannya tercatat 4,15 persen pulih dari angka -0,81 persen pada tahun sebelumnya dan melampaui angka pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tenggara 4,1 persen dan pertumbuhan ekonomi Nasional 3,7 persen.

“Jika dilihat dari tingkat kemiskinan, meskipun Kota Baubau belum berhasil bangkit kembali ke kondisi sebelumnya, namun paling tidak berhasil menjaga konsistensi jumlah penduduk miskin di bawah dua digit, yakni 7,78 persen di bawah Sultra 11,66 persen dan Nasional 10,1 persen,” ungkap Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse dalam sidang Paripurna DPRD, Selasa (16/8/2022).

Hal ini membuktikan bahwa intervensi kebijakan pemerintah daerah selama masa pandemi memberikan pengaruh signifikan dalam program penanggulangan kemiskinan ekstrem secara berkesinambungan.

“Disisi lain Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Baubau saat ini sebesar 76,26 poin berada di atas Provinsi 71,45 poin dan pusat 71,94 poin. Angka ini berada pada kriteria menengah atas yang menggambarkan keberhasilan kita menjaga kondisi kesehatan koleltif, mempertahankan kualitas perubahan pola pembelajaran serta menjamin kestabilan ekonomi keluarga meskipun masih perlunya upaya peningkatan agar produktivas masyarkat,” terangnya.

Dalam kesempatan itu Wali Kota mengajak seluruh masyarakat Kota Baubau dengan semangat momentum peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, meneguhkan komitmen bersatu padu memberikan karya dan prestasi yang terbaik bagi negeri.

“Kita harus gelorakan untuk bekerja keras membangun daerah tercinta ini sehingga kita dapat bangkit untuk mengisi kemerdekaan dengan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang telah diwariskan oleh para pejuang pendahalu kita,” kata Ahmad Monianse.

Diakhir pidatonya, Wali Kota mengajak untuk terus berjuang di masa sulit ini, berani menghadapi tantangan dengan optimisme yang tinggi dan jiwa pantang menyerah untuk membuktikan kita adalah bangsa yang tangguh, dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Rapat Paripurna DPRD Kota Baubau itu turut dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kementerian/Lembaga, OPD, Camat/Lurah, Para Pimpinan Partai Politik dan insan pers.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar