Upacara Hari Jadi Kabupaten Buton Berlangsung Khidmat

Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi (kanan) di dampingi Bupati Buton La Bakry (kiri) (Foto:IST)

KBRN, Pasarwajo: Upacara Puncak Peringatan Hari Jadi ke-36 Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang diperingati untuk pertama kalinya dan Hari jadi ke-19 Pasarwajo sebagai Ibukota Kabupaten Buton berlangsung khimad.

Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi, SH bertindak sebagai Inspektur Upacara pada moment bersejarah bagi kabupaten Buton tersebut yang digelar di Alun-alun Takawa, Pasarwajo, Buton, Senin (4/7/2022).

Ali Mazi yang mengenakan pakaian Adat Kesultanan Buton itu menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Buton ke-63 dan Pasarwajo ke- 19 sebagai Ibukota Kabupaten.

"Selaku pimpinan daerah Provinsi Sultra saya ucapan terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Buton beserta jajarannya semua elemen yang telah berkontribusi dalam penentuan pelaksanaan hari bersejarah ini," kata Gubernur.

Lebih lanjut dikatakannya kegiatan perayaan Hari Jadi Kabupaten Buton dan Hari jadi Pasarwajo harus dimaknai sebagai momentum untuk mengevaluasi sejarah perjalanan daerah ini.

Melihat capaian pembangunan di Kabupaten Buton telah menunjukkan adanya kemajuan diberbagai bidang namun masih banyak yang perlu dibenahi dan ditingkatkan.

"Melalui momentum peringatan hari jadi ini saya menitipkan pesan dan harapan kepada Bupati Buton dan Wakil Bupati Buton untuk terus melakukan langkah langkah percepatan pembangunan daerah ini agar Buton bisa jadi lebih baik ditahun mendatang," ungkap Gubernur.

Selain itu Politisi Nasdem ini berharap dengan program kebijakan yang telah disusun harus didukung semua elemen masyarakat, segala SDA dan SDM dimaksimalkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan di Kabupaten Buton.

"Untuk seluruh jajaran pemerintahan Kabupaten Buton, Instansi-instansi vertikal, dan seluruh masyarakat ik yang telah bersinergi dalam membangun daerah ini saya ucapkan terimakasih," pungkas Gubernur.

Bupati Buton, bersama Wakil Bupati Buton dan Ketua TP PKK Kabupaten Buton mendampingi Gubernur Sultra dalam hajatan akbar tersebut.

Sejumlah Kepala Daerah hadir di antaranya, Walikota Baubau, Bupati Buton Utara, Pj. Bupati Muna Barat, Pj Bupati Buton Tengah, Pj. Bupati Buton Selatan, Wakil Bupati Wakatobi.

Mantan Bupati Buton dua Periode, Ir. H.LM. Sjafei Kahar, MSi juga hadir, Forkopimda Buton, DPRD Buton dan sejumlah pejabat teras Provinsi Sultra, Buteng dan Busel turut hadir.

Sejarah Singkat Kabupaten Buton dibacakan mengawali upacara. Buton sejak menjadi kerajaan dan kesultanan di tanah air, hingga zaman pemerintah Belanda – zaman kemerdekaan dan menjadi cikal bakal terbentuknya Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar