Pemdes Panggulawu Konawe Utara Bentuk Panitia Pemilihan BPD

pemilihan anggota BPD

KBRN,Kendari: Jelang pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pemerintah Desa Panggulawu Kecamatan Sawa Kabupaten Konawe Utara (Konut) membentuk panitia pelaksana pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tahun 2022, Rabu (18/05/2022).

Kegiatan yang dihadiri Kades dan Aparat Desa Panggulawu, Ketua BPD, Tokoh masyarakat dan warga tersebut,   dibuka  oleh Kepala Seksi P3M Kecamatan Sawa Junaiddin.

Dalam kesempatan itu Junaiddin mengatakan, pemilihan anggota BPD Desa Panggulawu dijadwalkan akhir Juni 2022.

Sesuai Perbup No. 61 Tahun 2019 tentang BPD dan Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 tentang BPD pasal 10 disebutkan bahwa Pembentukan Panitia Penjaringan dan Penyaringan Balon  anggota BPD dalam jangka waktu 6 bulan sebelum Masa Keanggotaan BPD berakhir, dan dilakukan pemilihan calon anggota BPD paling lambat 3 bulan sebelum keanggotaan berakhir, sementara keanggotaan BPD Desa Panggulawu berakhir pada 26 September 2022.

”Secara teknis, pembentukan panitia pemilihan BPD ditetapkan dengan keputusan Kades, berasal dari unsur perangkat desa dan unsur masyarakat wakil dari wilayah pemilihan. Bagi warga masyarakat yang akan mencalonkan diri tidak dibenarkan masuk dalam kepanitiaan,”ungkap Junaiddin.

Sementara itu, Kepala Desa Panggulawu Jumardin .T mengatakan dengan telah dibentuknya kepanitiaan penjaringan dan penyaringan keanggotaan BPD. Kepada seluruh warga dapat mencalonkan diri sebagai calon anggota BPD yang memiliki hak pilih.

Jumardin berharap, jelang pemilihan anggota BPD agar masyarakat agar tetap meningkatkan persatuan dan kesatuan serta tetap menjaga keamanan dan ketertiban di desa.  

Dalam kegiatan itu, dirangkaikan dengan penyaluran talinisasi ternak kepada pemilik ternak, penyerahan alat dan bahan pendukung program pemanfaatan pekarangan serta penyerahan sarana pencegahan Covid-19 sumber anggaran dari Dana Desa (DD) APBN tahun anggaran 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar