Kuliner Abon Ikan Wakatobi Jadi Peluang Usaha yang Menjanjikan

Sektor kuliner saat ini menjadi sektor yang cukup menjanjikan bagi para pelaku usaha , dimana ragam kuliner dapat diinovasikan menjadi ragam produk dengan nilai ekonomi tinggi.

Peluang inilah yang dilirik Mahasiswa Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari , yang tergabung dalam peserta Kuliah Kerja Nyata ( KKN) UHO 2022,  bertempat di Desa Matahora, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan , Kabupaten Wakatobi.

Ajakan wirausaha tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan potensi perikanan dan kelautan di Wakatobi.

Panitia Pelaksana kegiatan sosialisasi, Muhamad Zerdi Edi mengatakan giat ini bertujuan membentuk jiwa wirausaha dan kemampuan pengelolaan sumber daya alam khususnya pada sektor perikanan dan kelautan.

"Kita tahu di Wakatobi ini dikaruniai potensi sumber daya alam kelautan yang melimpah ruah," 

Untuk itu, Muhamad Zerdi Edi bilang aparat desa dan warga setempat pun diajak memanfaatkan sumber daya alam tersebut guna menjadi wirausaha.

"Jadi memang kami dalam rangka program KKN dan kami melihat di desa setempat akan kurangnya kemampuan wirausaha serta minimnya pengetahuan pengelolaan sumber daya alam," ujar Muhamad Zerdi

Lanjut kata dia, saat proses kegiatan pun para peserta yakni warga sekitar sangat bersemangat dalam pembuatan abon ikan tersebut.

"Iya, peserta sangat bersemangat dalam proses pembuatan abon ini hingga bagaimana proses pemasarannya," ucapnya.

Ia menuturkan dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa berwirausaha bagi warga setempat dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada.

"Kesadaran tentang pentingnya berwirausaha dengan banyaknya sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan untuk memajukan perekonomian," jelasnya.

"Kegiatan ini merupakan program kerja dari peserta KKN UHO 2022 dan akan dilakukan kembali ketika diperlukan untuk pengembangan," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar