Tiang Listrik Roboh, Satu Pulau Alami Padam Listrik

KBRN, Baubau : Dua tiang listrik di Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) roboh pada Rabu pagi (19/1/2022).

Akibatnya satu pulau (Pulau Makassar) yang di huni Dua Kelurahan mengalami padam listrik.

Salah seorang warga Kelurahan Liwuto, Muhamad Supriadi mengatakan robohnya dua tiang listrik itu diketahui warga karena tiba-tiba listrik di rumah-rumah warga padam.

"Kejadiannya tadi setelah shalat subuh," jelasnya kepada RRI, Rabu (19/1/2022).Supriadi menyebutkan robohnya tiang listrik disebabkan cuaca buruk, angin kencang yang terjadi sejak Selasa malam.

"Beginimi, kalau sudah musim angin kencang biasanya ada tiang yang roboh. Pernah juga terjadi beberapa tahun lalu. Dua hari baru normal kembali listriknya," katanya.

Saat ini warga hanya bisa berharap PLN dapat bekerja cepat agar warga kembali mendapatkan aliran listrik sebelum hari gelap.

Dikonfirmasi terpisah, Camat Kokalukuna, Muslidin mengatakan meski lokasi robohnya tiang listrik tersebut dekat dengan pemukiman warga namun musibah tersebut tidak menimpa apapun.

"Untungnya kejadian ini tidak memakan korban. Tidak menimpa warga, tidak menimpa rumah dan tidak menimpa perahu warga," pungkasnya.

Ditemui dilokasi perbaikan, Manager ULP PLN Baubau Kota, Dambarudin mengatakan setelah menerima laporan sekira pukul 05.50 PLN langsung bergerak cepat melakukan pemeliharaan korektif dan memperbaiki kawat-kawat yang jatuh di tanah.

Agar warga pulau makassar kembali mendapatkan aliran listrik, PLN langsung mendatangkan satu tiang pengganti yang  ditanam persis di samping tiang patah.

"Tiang listrik ini selalu terkena rembesan air laut sehingga berkarat, mengalami korosi ditambah tarikan-tarikan kabel akibat angin akhirnya patah," jelas Dambarudin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar