Dua Nelayan Asal Luwu Timur Berhasil Dievakuasi Tim SAR

KBRN, Kendari: Akibat cuaca buruk 1 buah longboat yang ditumpangi 2 nelayan yakni  Rahman (33) dan Ishak (27) mengalami kecelakaan karena armadanya terbalik disekitar perairan antara Wotu – Bulupolea Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan pada 7 Desember 2021.

Saat itu pula Tim SAR dari Basarnas Kendari Bersama unsur terkait dari BPBD, TNI dan Polri serta masyarakat nelayan setempat langsung melakukan pencarian terhadap korban asal Dusun Benteng Desa Lampenai Wotu Luwu Timur.

“Setelah Comm Centre KPP (Kantor Pencarian dan Pertolongan} Kendari menerima informasi dari Zainal Kepala desa Lampenai melaporkan telah terjadi kecelakaan kapal yakni 1 buah longboat dgn POB (Person On Board) 2 Orang terbalik di Perairan Luwu Timur, pada pukul 21.10 Wita Tim Rescue Unit Siaga SAR Luwu Timur yg masih merupakan wilayah kerja KPP Kendari diberangkatkan utk memberikan bantuan SAR dengan jarak LKK dengan Unit Siaga SAR Luwu timur sekitar 23 NM,”kata Aris Sofingi Ka Basarnas Kendari, Rabu (8/12/2021).

Pada pukul 01.18 Wita, lanjut Aris Tim SAR gabungan berlindung di tanjung parasulu akibat cuaca buruk dan barulah pukul 02.56 Wita, 2 Orang korban tersebut ditemukan terdampar di pesisir kalaena desa bahari oleh masyarakat nelayan setempat dalam keadaan selamat.

“Sekitar 11 NM (Nautical Mile / Mil Laut) arah barat daya dari perkiraan LKK korban ditemukan dalam keadaan selamat dan selanjutnya kedua korban di evakuasi ke desa lampenai. Korban tiba didesa lampenai pada pukul 03.43 Wita selanjutnya diserahkan kepihak keluarganya,”pungkasnya.

Ditemukannya kedua korban tersebut, pada pukul 08.05 Wita, Operasi SAR terhadap 1 buah longboat dgn POB 2 Orang yang terbalik di Perairan antara Wotu - Bulupoloe Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan dinyatakan selesai dan ditutup serta Seluruh unsur yg terlibat di kembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar