Ali Arham : Lindungi Pelaku Usaha Perlu Dibentuk Perwali

Kadis Pariwisata Kota Baubau, Ali Arham (Foto:RRI)

KBRN, Baubau : Kepala Dinas Pariwisata Kota Baubau, Ali Arham menilai diperlukan adanya pembuatan aturan resmi dari pemerintah untuk melindungi para pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif maupun pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Perlindungan yang dimaksud adalah memastikan seluruh pelaku usaha yang terdaftar mendapatkan akses untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah baik itu berupa stimulant atau dalam bentuk lain termasuk memastikan pasca menerima bantuan, pelaku usaha dapat terus eksis sehingga meningkatkan taraf hidup keluarganya.

“Untuk melindungi usaha-usaha itu, pemerintah akan membuatkan semacam Surat Keputusan Wali Kota atau Perwali. Jangan sampai hari ini usahanya dibuka karena ada stimulant, setelah menerima berhenti. Ini merupakan hal yang keliru. Olehnya itu ini yang perlu diperhatikan karena berkaitan dengan menopang kehidupannya,” jelas Ali Arham kepada sejumlah awak media, Selasa (15/6/2021).

Pelaksana Tugas Kadis Ketenagakerjaan Kota Baubau itu menambahkan, pembentukan peraturan itu akan melibatkan lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkaitan langsung dengan pelaku usaha.

“Tentu akan kita libatkan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Sosial, Dinas Ketenagakerjaan, kita libatkan semua karena saling berkaitan,” tambahnya.

Disisi lain, selain menghadirkan berbagai program stimulan kepada para pelaku usaha, Pemkot Baubau juga mengingatkan terkait legalitas dan sertifikasi setiap badan usaha, khsusnya disektor wisata seperti yang diatur dalam pasal 15 UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang cipta kerja

“Yang menekankan bahwa penyelenggaraan usaha wajib memenuhi perizinan berusaha dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah sesuai kewenangan berdasarkan norma, standar, prosedur, kriteria yang lebih lanjut diatur dalam peraturan pemerintah,” kata Kabid Destinasi Wisata Dispar Baubau, Lia Amalia.

Legalitas yang akan bermuara pada penerimaan pajak Negara sementra sertifikasi berkaitan dengan kenyamanan dan keselamatan para wisatawan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00