178.834 Keluarga Miskin di Situbondo Tercatat Sebagai Penerima Bansos

Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, bersama Ketua GTPP COVID-19 Situbondo, Syaifullah saat berdiskusi tentang penerima Bansos, Jumat (8/5/2020) (Foto Diana).

KBRN, Situbondo: Pekan ini, Bantuan Sosial Tunai (BST) yang bersumber dari Kementerian Sosial, akan disalurkan kepada keluarga dengan status sangat miskin, berdasarkan Data Tunggal Daerah Analisis Kemiskinan Partisipatif (DTD-AKP).

Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto mengaku, tercatat ada 134.224 keluarga berstatus sangat miskin terdampak COVID-19 yang akan memperoleh bantuan sosial berupa uang tunai senilai Rp600.000 bagi setiap kepala keluarga.

"Awalnya hanya ada 124.711 keluarga sasaran yang terdata oleh Kemensos. Kita usulkan lagi sebanyak 91.513 keluarga," ujar Dadang, Jumat (8/5/2020).

Dadang mengaku sempat panik karena banyak warga dengan klaster sangat miskin tidak tercatat sebagai penerima BST. Sementara Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tidak mencukupi jika harus memberikan bantuan kepada 91.513 keluaga sasaran.

"Baru hari ini kita memperoleh kepastian, usulan kita dikonfirmasi oleh Kemensos. Karena kalau itu tidak dikabulkan, maka kita akan terkunci untuk menyalurkan bantuan lainnya," ungkap Dadang.

Selain BST dari Kemensos, bantuan langsung tunai senilai Rp600.000 untuk setiap keluarga itu, juga bersumber dari Dana Desa. Tercatat ada 23.750 keluarga yang akan menerimanya.

"Termasuk bagi keluarga sangat miskin yang tinggal di kelurahan sebanyak 407 keluarga sasaran," imbuh Dadang.

Sementara bantuan dari pemprov senilai Rp200 ribu per keluarga, juga akan disalurkan dalam waktu bersamaan. Tercatat, ada sebanyak 10.000 keluarga sasaran yang akan memperolehnya.

Pemkab juga ambil bagian sama dengan pemprov, yakni akan menyalurkan kepada 10.503 keluarga miskin. Masing-masing mendapatkan Rp200.000.

"Total keluarga miskin yang akan mendapatkan bantuan sosial baik dari pusat, provinsi dan daerah, sebanyak 178.834 keluarga. Semua akan disalurkan mulai pekan depan secara bertahap," ujar Dadang.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Situbondo, Yogi Dwinanto memastikan jika bantuan sosial yang bersumber dari Kemensos RI, penyalurannya akan dilakukan mulai pekan depan.

"Kita akan menyalurkan bantuan itu melalui tiga mekanisme," ujar Yogi kepada RRI.

Tiga mekanisme diantaranya, penyaluran melalui seluruh kantor pos yang ada di Situbondo, sebanyak 14 kantor pos. Penyaluran melalui komunitas dan penyaluran dari rumah ke rumah.

"Bagi penerima yang dalam keadaan sakit, lanjut usia, kita berikan langsung kepada yang bersangkutan, dari rumah ke rumah," bebernya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00