Jelang Ramadhan, Umat Muslim di Jember Gelar Selamatan

KBRN Jember : Masyarakat Muslim saat ini sedang menggelar selamatan menjelang puasa Ramadhan 1441 Hijriah tahun 2020.

Menurut Tokoh Agama Desa Wringintelu Kecamatan Puger Kabupaten Jember Saiful Huda ketika dikonfirmasi RRI saat ini sedang menggelar selamatan sebagai rasa syukur kepada Alloh SWT karena telah bertemu lagi dengan bulan yang sangat istimewa yakni bulan puasa Ramdhan 1441 Hijriah. 

Selamatan sebagai bentuk budaya kearifan lokal juga sangat bagus terus dikembangkan dengan catatan tidak menyimpang dari ajaran agama Islam, selain itu selamatan juga memberikan makna mendalam bagi seluruh umat agar tetap kontrol diri bersedekah maupun nilai positif lainya pada Masyarakat.

"Sesuai Hadist Nabi Muhamad SAW, Barang siapa yang senang dengan datangnya Bulan Ramadhan maka Jasadnya haram masuk neraka (Allah mengharamkan jasadnya masuk neraka),"Katanya Kamis (23/04/2020)

Saiful Huda juga mengatakan barang siapa yang sangat senang dengan datangnya bulan puasa Ramadhan maka diharamkan Api neraka baginya.

Selamatan secara teknis dilakukan umat muslim didaerah wringintelu Kecamatan Puger Jember saat ini sudah berbeda dengan masyarajat jaman dahulu.

Dimana selamatan pada jaman dahulu dilakukan di Rumah secara bergantian namun saat ini tidak demikian. Selamatan masyarakat saat ini dilakukan dengan cara masing warga membawa makanan ke Mushola kemudian berdoa bersama dan pulangnya membawa masing masing makanan yang telah dibawa dengan cara makanan tersebut  telah ditukar antara satu dengan yang lainya.

 Tokoh Agama Desa Wringintelu Jember selatan ini juga mengatakan jika ditengah musibah Covid 19 Masyarakat diminta tetap tenang dan mematuhi aturan pemerintah dengan tetap jaga jarak memakai Masker tidak bepergian jika tidak sangat mendesak maupun yang lainya sehingga kita semua selamat dan semoga saja musibah covid 19 segera usai. (KA/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00