Terkendala Administrasi, Pencairan Bantuan Guru Ngaji Di Bondowoso Terlambat

KBRN, Bondowoso: Penyerahan bantuan guru ngaji di Bondowoso mengalami keterlambatan, yang seharusnya sudah dicairkan awal 2019, namun baru terealisasi bulan ini.  Hal itu diakui oleh Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat dikonfirmasi RRI dalam acara Pembinaan Serta Verifikasi Dan Validasi Guri Ngaji Desa Dan Kelurahan di pendopo Kecamatan Bondowoso.

" Bermasalah di administrasi seperti nama dan alamat. Kalau dari kami Pemerintah sudah sangat siap kapan saja," jelasnya pada awak media, Rabu (16/10/19).

Pencairan bantuan guru ngaji baru terealisasi hari ini di lima titik, dimulai dari Kecamatan Kota, Maesan, Tenggarang, Wonosari dan Prajekan. 

Untuk pencairan pertama yang dilakukan di Kecamatan Kota  dipastikan 164 data sudah valid dari total 300 penerima bantuan. Dalam waktu dekat, kata Bupati, akan ada perbaikan kekurangan data. 

" Yang belum valid nanti menyusul," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso, Harimas MSi, mengatakan kekurangan data administrasi itu terjadi hampir di tiap kecamatan. Namun begitu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Camat, Kesos Kecamatan, Bank Jatim dan Kesra agar perbedaan data tersebut segera dibuatkan keterangan kepala desa untuk divalidasi.

" Ada yang sudah meninggal, penggantinya perlu keterangan kepala desa atau kelurahan," jelasnya.

Harimas menegaskan, tidak validnya data guru ngaji dipastikan tidak akan berdampak pada pencairan bantuan. Karena, sebelumnya sudah ada daftar penerima bantuan dari hasil sosialisasi sebanyak 5.435 orang.

" Semuanya akan kita bayarkan, tetapi nama harus betul-betul valid karena menyangkut pertanggungjawaban keuangan," kata Harimas.

Selain itu, Harimas mengatakan, bagi penerima yang terlambat menyerahkan data maka pihaknya akan jemput bola. Sementara bagi penerima bantuan yang meninggal dunia, maka penggantinya akan ditentukan oleh keluarga yang bersangkutan.(san)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00