3 Festival Budaya Semarakkan Banyuwangi di Akhir Pekan Ini

KBRN, Banyuwangi : Akhir pekan ini, wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangk akan disajikan atraksi budaya seru dan pantang dilewatkan. 3 festival itu adalah Festival Gandrung Sewu, yang menampilkan aksi seribu lebih penari gandrung berlenggak-lenggok dengan pakaian mencolok serentak menari di pesisir Pantai Marina Boom yang tahun ini mengusung tema Panji-Panji Sunangkoro, yang diselenggarakan pada Sabtu (12/10/2019) mulai pukul 13:00 Wib.

Setelah puas menyaksikan Gandrung Sewu, wisatawan akan disambut keramahan suku Osing di Desa KEmiren yang menyelenggarakan Festival Ngopi Sepuluh Ewu, yang dimulai pukul 19:00 Wib, disana wisatawan dan akan disuguhkan kopi gratis khas masyarakat Osing Kemiren yang bisa dinikmati disepanjang jalan desa.

Selain Festival Ngopi Sepuluh Ewu, Wisatawan juga bisa menyaksikan Festival Lembah Ijen, yang diselengarakan di Taman Gandrung Terakota, yang mempersembahkan Sendratari Meras Gandrung, yang merupakan sebuah pertunjukkan dalam bentuk tari tradisional yang mengisahkan tentang perjalanan penari menjadi seorang "Gandrung', yang tidak hanya dituntut menjadi seorang penari profesional, namun juga harus bisa menjadi sinden.

 

Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi, M Y Bramuda, Jum'at (11/10/2019) mengatakan, berbagai atraksi Festival Budaya yang diselenggarakan akhir pekan ini pantang dilewatkan, karena wisatawan akan disuguhkan budaya dan kultur masyarakat Osing Banyuwangi, mulai dari pertunjukan gandrung, sekaligus menikmati suguhan kopi khas osing, didesa wisata adat Oseng Kemiren.

"3 Festival budaya ini pantang dilewatkan oleh wisatawan, karena Festival Gandrung Sewu merupakan salah satu event yang masuk masuk 10 Best Calendar of Event Wonderful Indonesia, sehingga akan banyak wisatawan yang akan datang ke Banyuwangi," ujar Bramuda.

Gandrung sewu memang menjadi magnet tersendiri, dimana banyak sekali para pejabat yang akan menyaksikan tarian kolosan khas Banyuwangi, selain itu sederet arti seperti Indra Lesmana berserta keluarganya, dipastikan akan menyaksikan event tahunan yang sudah diselengarakan sejak 2011 tersebut.   Son/PW     

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00