Menurunya Jumlah Masyarakat Yang Ber Quban Tahun ini di Lumajang

KBRN Lumajang : Minimnya semangat Masyarakat Muslim di Lumajang Jawa Timur untuk melaksanakan hewan Qurban pada Hari Raya Idul Adha kali ini.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Idul Adha Masjid Agung "KH. Anas Machfudz" Lumajang Achmad Salakhuddin, M.Pd kondisi demikian dibuktikan dengan jumlah hewan yang sudah terkumpul pada H Minus 4 hari raya Idul Adha 1443 Hijriah tahun 2022 semakin sedikit. 

Jika pada hari raya Idul Adha sebelumnya pada H minus 4 seperti saat ini sudah terkumpul 7 ekor Sapi dan Puluhan Kambing di Masjid Anas Mahfud Lumajang namun saat ini hanya satu ekor Sapi dan 3 ekor Kambing saja.

Kondisi menurunya minat Masyarakat muslim untuk ber qurban di hari raya idul adha kali ini dimungkinkan karena faktor meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Lumajang yang juga belum mereda hingga saat ini.

Untuk itu pihaknya meminta kepada Masyarakat muslim untuk tidak ragu untuk ber qurban di tahun ini karena panitia juga telah bekerja sama dengan sejumlah instansi terkait guna turut memantau kondisi kesehatan hewan Qurban selain itu pihaknya juga mengatakan jika kondisi hewan yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) juga sudah diketahui bersama jika tidak menular ke manusia.

"Tidak menular ke manusia jadi tidak apa apa dikonsumsi kecuali bagian hewan mulut dan kaki sapi maupun kambing yang terjangkit virus harus ada perlakuan khusus ketika dimasak,"Katanya Rabu (06/07/2022)

Ketua Panitia Pelaksana Idul Adha Masjid Agung "KH. Anas Machfudz" Lumajang Achmad Salakhuddin, M.Pd juga mengatakan pada masyarakat yang akan berqurban dan meminta bantuan panitia pelaksana dipersilahkan untuk menghubungi panitia terkait pemeriksaan dan pemilihan hewan yang akan dibeli  untuk keperluan qurban maupun yang lainya. KA

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar