Menolak Lupa, Sejarah Revolusi Kemerdekaan RI Melalui Pameran Foto Online

KBRN,Jember: Museum Naskah Proklamasi, Irma Devita Learning Center (IDLC), Museum Sroedji, Sudut Kalisat dan Historika Indonesia menyelenggarakan pameran foto online bertajuk "Kami Ingin Merdeka! Revolusi Kemerdekaan Republik Indonesia dalam Sorotan Sejarah, 1942-1949".

Pameran Foto Online yang digelar merupakan upaya menolak lupa sekaligus menyambut Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77.

Sebanyak 60 foto lawas mengenai perjalanan sejarah bangsa Indonesia menuju kemerdekaan turut dipamerkan. 

"Salah satu hal yang melatar belakangi digelarnya pameran foto sejarah secara online ini agar generasi muda selalu mengingat terhadap peristiwa kemerdekaan yang sangat penting dan menjadi landasan berdirinya sebuah negara RI," ujar Ketua Pelaksana, Irma Devita saat membuka Pameran Foto Sejarah Online melalui Zoom Meeting, Senin (27/6/2022).

Pameran foto online ini juga dirangkai dengan acara diskusi sejarah bulanan dengan tema dan narasumber tokoh Akademisi serta Sejarawan seperti Rushdy Hoesein (Sejarawan) dan Bondan Kanumoyoso (Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia). 

"Kenapa kita mengelar pameran ini mulai bulan Maret, hal ini juga menjadi bagiaan untuk menjawab dari peristiwa sejarah yang terjadi kala itu sepertihalnya tentang peristiwa Permintaan maaf dari Pemerintah Belanda maupun rangkaian peristiwa sejarah lain yang terjadi pada bulan tersebut," kata cucu dari pejuang Indonesia Letnan Kolonel Moch.Sroedji itu.

Selain melibatkan karya-karya para fotografer legendaris Indonesia dari IPPHOS, pameran foto online ini juga  memperlihatkan koleksi-koleksi dari Arsip Nasional Kerajaan Belanda serta koleksi-koleksi dari para keluarga pejuang Indonesia dan para sejarawan.

Pameran foto online ini berlangsung sampai dengan 27 Desember 2022, dirangkai dengan acara diskusi sejarah bulanan dengan tema dan narasumber yang menarik dari Maret-Desember 2022. (gl/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar