Sosialisasi Pengembangan Dan Pemberdayaan UMKM Di Kelurahan Tegal Gede

KBRN, Jember : Bangkitnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Tahun 2022 di Kabupaten Jember, setelah mengalami keterpurukan selama kurun waktu dua Tahun.

Lurah Tegal Gede, Eni Umiati SP mengatakan adanya kegiatan sosialisasi pengembangan dan pemberdayaan UMKM yang diadakan hari ini di kantor Keluharahan Tegal Gede bertujuan untuk memberikan fasilatas perijinan serta legalitas UMKM khususnya di Tegal Gede. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa pihak.

“Regar Jeane selaku Camat Sumbesari, PLUTH Provinsi, Bank Jatim Jember, Pelaku UMKM, calon-calon pelaku UMKM dari adik-adik karang taruna serta UMKM yang akan berjalan.”ujarnya kepada RRI, Rabu (10/08/2022)

Eni melanjutkan, kegiatan ini dihadiri sebanyak 40 orang. Sosialisai ini, juga memberikan pengetahuan kepada para pelaku UMKM agar mereka bisa memperoleh NIB (Nomor ijin berusaha), PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) dan sertivikasi halal. Nomor ijin berusaha itu didasari dari kartu nomor induk kependudukan dimana para pelaku UMKM harus memliki KTP elektronik. Satu KTP satu NIB. 

“Satu NIB bisa diperutukkan untuk bermacam macam usaha atau produk.” kata Eni 

Lebih lanjut Eni mengatakan setelah NIB itu sudah di buat maka para pelaku usaha bisa melanjutkan ijin PIRT, sertivikasi halal dan lain sebagainya, akan tetapi semua itu tergantung dari UMKM tersebut. Kelurahan Tegal Gede juga berterima kasih kepada Pemkab Jember yang sudah memberikan layanan untuk kemudahan memeperoleh NIB. Bagi para pelaku usaha yang tidak bisa hadir bisa langsung datang ke kantor PLUTH  di Jalan S. Parman no. 58, kali oktak, Karangrejo, Kecamatan Sumbersari, kabupaten Jember, Jawa Timur 68124. Semoga dengan adanya pemerintah memberikan kemudahan untuk perijinan tersebut dapat memberi semangat kepada wirausaha muda serta mengurangi tingkat pengangguran di Kabupaten Jember.

Imbuhnya, Regar Jeane Dealen selaku Camat Sumbersari mengatakan harapannya kedepan di masing-masing Kelurahan, Kecamatan serta PKK sendiri agar bisa memfasilitasi legalitas usaha bagi UMKM.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar