Masyarakat Pinggir Sungai di Edukasi Pola Hidup Sehat dan Bersih

KBRN – Jember, persoalan kekumuhan penduduk disaat ini menjadi problema tersendiri manakala tidak ditangani dan ditidak di cermti secara seksama. Sehingga orieatasi program bagi pemerintah khususnya yang ada diwilayah kelurahan secara intensif melakukan edukasi yang melibatkan seluruh jajaran agar persoalan tersebut mampu di minimalisir. Kelurahan sendiri sebagai pemerintahan terkecil di wilayah saat ini terus melakukan pemantauan langsung terhadap segala persoalan yang dialami warga di berbagai bidang khususny kesehatan, pangan, sarpas maupun papan.

Dalam monitoring di kawasan pemukiman bantaran sungai wilayah Jember Lor  Lurah Jember Lor–Patrang Asih Dyan Pratiwi mengatakan jalinan silaturahmi bersama tiga pilar kelurahan merupakan modal penguatan didalam  mengakomodir kepentingan masyarakat. Maka dari itu di setiap jumat pagi lurah bersama tiga pilar dan jajaran melakukan anjang sana sekaligus silaturahmi  ke rumah-rumah pemukiman warga khususnya diwilayah bantaran sungai guna melakukan edukasi pola hodiup sehat dan bersih, tandasnya(Selasa 5 Juli 2022).

“Pola pendekatan langsung berupa anjang sana dan bernsentuhan langsung dengan kepentingan warga masyarakat tentu saja akan memudahkan melakukan komunikasi dalam rangka turut serta menyukseskan program pemerintah kabupaten disegala bidang khususnya kesehatan. Di harapkan masyarakat yang bertempat tinggal di bantaran sungai senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan sungai dari kotoran sampah .“

Wilayah padat pemukiman yang saat ini jumlah penduduk yang kian meningkat tentu saja menjadi atensi tersendiri bagi pemerintah kelurahan guna mengedukasi masyarakat senantasa hidup sehat. PSN saat ini terus dikembangkan agar masyarakat merasa terlindungi terutama untuk warga yang berada di RW 13, 14 lingk Tegalrejo Jember Lor seperti halnya di pemukiman bantaran Kali jompo dan Kali paru-paru.

Dyan lurah Jember Lor tetap meminta warga masyarakatnya untuk melakukan pelaporan cepat manakala terjadi sesuatu yang emergency seperti persoalan ibu hamil dan bayi stunting, keberadaan para janda , lansia,  data kemiskinan dan keberadaan RTLH yang saat ini menjadi sorotan serius pemerintah yang dengan segera dituntaskan, pungkasnya  (sa/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar