Peternak Jember Treatment Minyak Batok Kelapa Cegah PMK

KBRN,Jember: Pemilik peternakan Dewa Farm di Dusun Kecik, Desa Keting Kecamatan Jombang, Jember memiliki trik jitu dalam menjaga kondisi kesehatan hewan ternak, ditengah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Salah satunya dengan memberikan secara rutin ramuan minyak yang dihasilkan dari batok kelapa yang dibakar dan diambil minyaknya lalu di semprotkan ke mulut ternak jenis kambing dan sapi miliknya.

Hal itu dilakukan seminggu sekali diberikan pada ternak dengan mengunakan spet jarum suntik dengan dosis antara 2-4 CC ke setiap masing masing ternak yang ia pelihara di peternakan yang ia geluti selama 2 tahun berjalan.

"Ternak saya semua saya kasih Fermentasi seperti biasa, mungkin peternak lain salah ketika memberi makan ternak tersebut, yaitu masa Fermentasi pakan seharusnya 2 Minggu setelah proses, pakan diberikan kepada ternak, kebanyakan mereka dapat beberapa hari sudah dikasihkan ke ternak jadinya ternak perutnya tidak nyaman," ujar Dewandaru, Kamis (30/6/2022).

Ditanya lebih lanjut tentang tips dan tehnik pemberian makanan fermentasi untuk ternak, ia menjelaskan sebelum diberikan kepada ternak maka hasil fermentasi itu di angin angin kan di tempat terbuka dengan waktu 3-4 jam.

"Harusnya itu hasil fermentasi tidak harus dikasihkan langsung, tapi di angin angin kan dahulu karena disitu jelas hasil fermentasi mengandung alkohol, dampaknya kurang bagus pada ternak dan bisa Kembung itu salah satu cikal bakal penyakit yang saya pelajari," terang Dewandaru.

Tidak hanya itu saja, dirinya mengungkapkan jika peternak harus bisa menyikapi bahan atau obat Dinsifektan untuk ternak.

"Salah satunya saya pribadi pakai minyak batok kelapa yang  bakar dan disitu ada minyak keluar dan kita kasih ke mulut ternak sapi dan kambing,selain itu menjaga kebersihan juga cara memberikan makanan fermentasi dengan cara yang pas dan juga memberikan treatment obat alami dari minyak batok kelapa," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar