Antisipasi Penularan PMK  Muspika Kecamatan Patrang lakukan Vaksinasi di Centra Ternak Masyarakat Wilayah Atas

KBRN – Jember, Penyakit kuku dan mulut PMK untuk ternak sapi saat ini tidak bisa diremehkan apalagi dipandang sebelah mata. Karena tingkat penularan daripada PMK tersebut terbilang cukup cepat dengan begitu setiap wilayah haruslah melakukan langkah konkrit dengan tindakan vaksinasi sebagai upaya penyelamatan hewan ternak milik warga.

Plt. Camat Patrang Ahmad Helmi Lukman S. Sos mengatakan meskipun wilayah kecamatan Patrang bukan wilayah tertular atau endemic tetapi upaya pencegahan dan penyelamatan dengan melakukan vaksinasi ternak adalah langkah penting agar keberadaan hewan ternak milik peternak lebih terselamatkan, (Rabu, 29 Juni 2022).  

“Meskipun kami baru beberapa hari menjabat langkah kordinasi tiga pilar muspika kecamatan Patrang sangatlah penting guna memperkuat komunikasi dan koordinasi dalam rangka memberikan perlindungan dan pengayoman kepada warga masyarakat Patrang.  Sejak dua hari ini khususnya wilayah kelurahan  Bintoro dan Jumerto dilakukan vaksinasi ternak secara gratis guna antisipatif penularan PMK dengan 100 ternak sapi sebagai target”, terang Helmi.

Lebih jauh Helmi menjelaskan viksinasi PMK ini untuk wilayah kecamatan Patrang banyak di arahkan ke wilayah-wilayah centra ternak wilayah atas di kaki gunung Argopuro seperti halnya Jumerto, Bintoro, Banjar Sengon, Gludug, Semengguh maupu kawasan lain yang saat ini terus dilakukan pemantauan bersama para pihak khususnya petugas kehewanan dari Dinas terkait khususnya para dokter hewan.

“Karena terbatasnya ketersediaan vaksin ternak diharapkan peternak diwilayah centra lebih bersabar yang pasti akan secepatnya dilakukan vaksinasi susulan sebagai langkah penyelamatan”, pungkasnya. (sa/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar