Persiapkan Apel Akbar Kebencanaan 2022 BPBD Jember gelar kordinasi lintas Relawan dan Destana

KBRN – Jember, direncanakan dalam waktu dekat  BPBD Jember akan menggelar pelaksanaan apel akbar Kebencanaan yang akan ditempatkan di Kali Jompo desa Klungkung kecamatan Sukorambi. Adapun alasan penempatan lokasi tersebuu sebagai upaya guna penyebaran kesadaran warga masyarakat secara menyelururh yang senantiasa tanggap akan terjadinya bencana baik untuk wilayah pegunungan, dataran landai maupun wilyaah pantai.

Usai membuka acara koordinasi persiapan apel akbar kebencanaan 2022 Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan  BPBD Jember Ahmad Roib mengatakan sudah menjadi agenda rutin tahunan pelaksanaan apel akbar kesiapsiagaan bencana selalu di gelar. Di tahun 2022 kali kini sengaja akan ditempatkan di Kali Jompo-Klu ngkung- Sukorambi Jember yang akan dihadiri langsung oleh bupati Jember sebagai pembina upacara. Dalam rapat koordinasi kali di hadiri dari unsur suka relawan, destana dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Jember, tegasnya (Rabu. 18 Mei 2022). 

“Tujuan dari pelaksanaan apel akbar kebencanaan 2022  sebagai upaya untuk memantapkan ruang kerja  para relawan dan destana guna saling bahu membahu  dalam menguatkan penyadaran warga masyarakat yang senantiasa tanggap dalam kebencaan. Selain itu apel akbar ini kembali menguatkan para pihak khususnya destana dan para relawan dalam mengurangi resiko bencana baik itu jiwa, harta benda maupun kerusakan lingkungan”, imbuh Roib.

Dasar di pilihnya wilayah kali Jompo agar mengingatkan kepada warga masyarakat Jember secara menyeluruh kiranya sadar untuk lebih peduli dengan lingkungannya termasuk kebersihan sungai.  Kali Jompo merupakan sungai yang berasal dari  lereng Argopuro yang bermuara bersama dengan sungai sumber Kembang  dan kedepannya di jaga kelestarian denagna dialakukan   penanaman rumpur vetyfer rumput yang memiliki akar kuatb agar sembadan sungai tidak mudah longsor maupun tergerus air . (sa/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar