Tren Cashless Society, Minat Tinggi Masyarakat Pada Dompet Digital

KBRN, Jember : Kemajuan dan kecanggihan teknologi semakin membawa banyak perkembangan. Negara Indonesia sebagai negara yang berkembang tentu saja mengikuti perubahan yang terjadi dalam berbagai lini salah satunya adalah teknologi. Indonesia merupakan negara dengan banyak populasi memiliki potensi yang sangat besar dalam sektor ekonomi digital. Pada tahun 2025 mendatang Google telah memproyeksikan bahwa nilai ekonomi digital Indonesia mencapai US$146 miliar. Tidak mengeherankan jika saat ini banyak perusahaan membuat layanan e- wallet atau kita kenal juga dengan nama lain dompet digital. Apakah dompet digital itu ?

Dompet digital adalah alat transaksi digital yang berupa aplikasi elektronik yang digunakan untuk membayar transaksi secara online. Transaksi online tanpa menggunakan kartu atau uang. Pertumbuhan pengguna dompet digital di Indonesia melaju pesat. Dompet digital  telah hadir di Indonesia sejak tahun 2007. Hingga saat ini dompet digital telah menjadi sebuah tren di dalam masyarakat yang disebut tren cashless society. Hanya dengan menggunakan smartphone masyrakat dapat melakukan transaksi dengan mudah tanpa harus repot mempergunakan uang tunai. Pada saat pandemi melanda di Indonesia tidak dapat dipungkiri tren cashless society semakin meningkat terutama dengan munculnya peraturan pemerintah terkait social distancing , physical distancing keberadaan dompet digital mempermudah kegiatan ekonomi masyarkat yang berupa tranksasi keuangan.

Bagi beberapa masyarakat yang belum memiliki dompet digital. Berikut beberapa manfaat dan keuntungan dari Dompet Digital yang bisa anda rasakan. Pertama, dengan menggunakan dompet anda akan lebih aman dalam melakukan berbagai transaksi keuangan. Kedua, lebih praktis , mudah dan efisien dalam penggunaannya . Anda tentu tidak ingin repot dan kawatir jika membawa uang dengan jumlah banyak. Dengan mempergunakan dompet digital hal tersebut teratasi. Ketiga, Dompet digital memberikan kita kesempatan untuk mendapat diskon dan promo tertentu sehingga bisa menghemat penggeluaran belanja kita untuk kebutuhan sehari –hari maupun hiburan. Keempat, Kemudahan membayar transkasi apa saja dengan mempergunakan satu aplikasi dompet digital. Mungkin saat anda membaca tulisan ini terbesit dalam pikiran anda , dompet digital apa yang harusnya saya instal? Tentu saja banyak yang anda bisa pilih namun saat ini masyarakat telah berbondong – bondong melakukan instal aplikasi dompet digital DANA.

DANA merupakan salah satu aplikasi dompet digital yang terus bertumbuh dengan segala kemudahan dan kenyamanan transaksi cashless yang ditawarkan. Hingga saat ini lebih dari 80 juta pengguna telah memiliki aplikasi DANA di smartphone mereka. Dompet digital DANA memberikan kenyamanan untuk anda belanja, transfer uang secara online,, pembayaran tagihan listrik , air, Internet, Asuransi , BPJS , Cicilan TV Kabel, Telepon Pasca bayar hingga isi pulsa. Selain itu DANA juga telah bekerja sama dengan berbagai merchant sehingga kita mudah melakukan transaksi dimana saja. Banyak promo dan diskon yang kita peroleh di aplikasi dompet digital DANA. Wow, menarik bukan ?

Peran dompet digital di tengah masyarakat sangat luar biasa. Terutama pada masa pandemi, dompet digital memberikan kemudahan melakukan tranksaksi apapun dengan mengurangi faktor resiko penularan virus corona. Selain itu bagi cashless society yang memiliki bisnis atau usaha juga sangat terbantu dengan penggunaan dompet digital. Berikut penuturan Fijar owner dari salah satu usaha fashion rumahan.

“ Selama pandemi saya menyarankan istri untuk memulai bisnis online dari rumah , dan untuk transaksi jual beli dengan pelanggan ,tau pengeluaran dan pemasukan dengan jelas kami memilih menggunakan layanan dompet digital “ ujar Fijar.

Menurut Fijar dengan menggunakan dompet digital memudahkan transaksi jual beli. Pengalaman menyenangkan dengan menggunakan dompet digital tidak hanya dirasakan oleh Fijar namun juga oleh pemakai dompet digital yang lain.

Nanda adalah seorang mahasiswa yang menggunakan aplikasi dompet digital untuk mendapatkan promo atau diskon menarik terhadap produk tertentu. Menurut Nanda dengan promo yang ditawarkan oleh dompet digital sangat membantu keperluan sehari – hari sebagai anak kos.

“ Awalnya aku belum minat untuk instal dompet digital ya , terus liat temen – temen kampusku pada pakai dompet digital , kebanyakan pakai DANA sih . Ya tertarik pas aku pakai juga wah kok ga dari dulu “ tutur Nanda

Dalam kehidupan sehari – hari masyarakat mulai menuju pola hidup yang serba digital, sadar atau tidak dengan banyaknya kemudahan yang diberikan oleh dompet digital, akan membuat kita juga memiliki pilihan untuk beralih dan menikmati layanan yang ditawarkan.

Kisah dari Fijar dan Nanda hanya sebagian saja dari banyak manfaat dan pentingnya peran dompet digital bagi masyarakat. Selain pengalaman diatas tentu saja dompet digital sudah banyak memberikan pelayanan terbaiknya untuk bisa dinikmati oleh masyarakat. Dompet digital juga mendorong edukasi dan literasi keuangan pada masyarakat. Dilansir dari Nextren.com Selasa ( 2/3/2021) perusahaan analis Neuroserum memaparkan bahwa di Tahun 2021 pengguna dompet digital mengalami kenaikan secara signifikan yakni 44 persen. Tentu saja hal tersebut membuktikan bahwa minat masyarakat terhadap pola cashless payment semakin tinggi..

Dompet Digital juga sangat berpengaruh terhadap inklusi keuangan. CEO DANA Vincent Iswara menyebutkan bahwa dengan mempergunakan dompet digital mampu untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat. Pelaku transaksi non tunai seperti DANA akan diarahkan agar lebih memahami tentang pengelolaan dana , investasi maupun kredit. Inklusi keuangan adalah contoh layanan jasa keuangan di Indoneisa yang memberikan kontribusi dan solusi berbagai masalah karena rendahnya literasi keuangan. OJK menjelaskan saat ini untuk penghasilan rata – rata dari organisasi masyarakat hanya bertumbuh sekitar 38, 3 persen , untuk pendapatan rata – rata jasa keuangan mendekati 76, 19 persen. Pemerintah sendiri telah menetapkan sebuah tujuan terkait inklusi keuangan yaitu harus mencapai 85 persen di tahun 2022. Indeks inklusi keuangan di Indonesia terus mengalami peningkatan.

Masyarakat akan lebih cepat mengakses layanan keuangan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 114 Tahun 2020 yang berisi tentang SNKI, tujuan SNKI dan agenda 2021-2024 yang telah ditetapkan DNKI pada saat Rakor SNKI yang diselenggarakan, sasaran yang diharapkan dari indeks inklusi keuangan yaitu sebesar 82% untuk periode 2021, 85% untuk periode 2022, 89% untuk periode 2023 dan target harapan untuk 2024 sebesar 90%.Saat ini pemerintah Indonesua menjadikan inklusi keuangan atau financial inclusion menjadi agenda penting di tataran global untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Hingga saat ini berdasarkan daya Global Financial Inclusion Index, World Bank 2014 posisi indeks keuangan inklusif Indonesia pada tahun 2014 adalah sebesar 36 % dan berada di beberapa negara ASEAN seperti Thailand (78%) dan Malaysia (81%). Meskipun masih lebih besar jika dibandingkan Filipina (31%) dan Vietnam (31%). DANA merupakan salah satu dompet digital di Indonesia yang terus mendukung pemerintah untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Seterusnya, kehadiran dompet digital akan mendukung pemerintah untuk meningkatkan indeks keuangan inklusif dengan mempermudah masyarakat untuk menikmati berbagai layanan transaksi dan keuangan dalam kehidupan sehari – hari. Bagiamana ? Pasti sudah tidak ragu atau bingung lagi memiliki dompet digital. (gd/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar