Pemerintah Desa di Jember Diminta Perduli Rusaknya Jalan Menuju Persawahan

KBRN Jember : Masyarakat Desa Karang Duren dan Desa Karang Semanding Kecamatan Balung Kabupaten Jember Jawa Timur menggelar gotong royong untuk melakukan pengerasan jalan dengan cara swadaya.

Menurut Alun Warga Desa Karang semanding Kecamatan Balung Kabupaten Jember upaya tersebut dilakukan warga karena kejadian kerusakan jalan menuju persawahan mereka rusak parah sehingga kerja sama rutin tersebut dilakukan warga.

Pengerasan jalan dengan cara menata batu putih hasil dibeli dengan cara iuran sendiri antar petani dilakukan demi bisa dilewatinya jalan.

"Kami sering iuran sendiri untuk beli batu putih setiap tiga bulan sekali dan untuk pengerasan jalan di daerah Mbok Sarep ke utara,"Katanya Jumat (14/01/2022)

Penataan batu putih ditaruh diatas jalan menuju persawahan sepanjang dua (2) kilo meter menuju persawahan Rt 02 Rw 06 Dusun Krajan Desa Karang duren dilakukan warga secara gotong royong dengan cara manual.

Meski sebenarnya warga pesimis dengan upaya yang dilakukan tersebut mengingat setiap tiga bulan sekali kegiatan pengerasan jalan seperti itu sudah dilakukan sejak dahulu setiap kurang lebih tiga bulan namun sayangnya selalu terbuang di sisi kanan dan kiri jalan karena tidak ada bangunan penunjang jalan atau plengsengan.

Warga saat ini berkomitmen akan melakukan aksi dan tidak akan membayar pajak tanah sawah dan irigasi (Bekasak) pada tahun mendatang jika Pemerintah tidak turut perduli untuk berupaya melakukan pembuatan Plengsengan atau penunjang jalan di persawahan mereka dalam waktu dekat.

Sementara itu Ketua RT Desa Karang Semanding Kecamatan Balung Jember Puji Kuat Santoso juga mengatakan hal yang sama, pihaknya memohon kepada Pemerintah Desa untuk meninjau kondisi jalan rusak berat di perbatasan Desa Karang duren dan Karang Semanding Kecamatan Balung Kabupaten Jember menuju persawahan.

Jika pemerintah meninjau langsung kondisi jalan maka akan tahu begitu sulitnya menuju akses persawahan mereka yang rusak parah.

Kondisi kerusakan terjadi jalan terutama ketika pada musim penghujan, kondisi jalan tergenang oleh air luapan sungai irigasi dan jalan berlumpur sehingga tidak jarang para buruh tani dan petani lainya menjadi korban terjatuh di sungai karena licinya dan rusaknya jalan.

"Jalan setapaknya rusak parah dari dulu, jangankan mengendarai kendaraan ke sawah jalan kaki saja sering jatuh karena parahnya jalan rusak, "Tegasnya

Untuk itu pemerintah Desa Karang Semanding dan Desa Karangduren Balung Jember harus mengambil tindakan tegas dan cepat dengan cara melakukan pengerasan jalan dan membuatkan plengsengan di kiri dan kanan jalan agar para petani tidak kesulitan membawa pulang hasil pertanian mereka dan ketika menuju sawah para petani. 

Sementara itu Nardi Warga Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember juga mengatakan hal yang sama, Pemerintah diminta cepat dan tegas dalam membuatkan plengsengan jalan agar memudahkan mobilitas pertanian warga dan ekonomi masyarakat dapat terdongkrak demikian juga cita cita negara dalam menciptakan swasembada pangan dapat terwujud. 

Data yang berhasil dihimpun RRI jalan menuju persawahan yang dimaksut tersebut ada di perbatasan Desa Karangduren dan Desa Karang semanding Kecamatan Balung Jember. (ka/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar