Menuju Kesejahteraan Petani Jember Assosiasi Petani Pangan Indonesia APPI Bersinergis Dengan Para Investor

Menuju Kesejahteraan Petani Jember Assosiasi Petani Pangan Indonesia APPI  Bersinergis Dengan Para Investor

KBRN – Jember, Petani di era sekaranga harus mampu bersikap cerdas dan banyak menguasai teknologi dan informasi. Hal dimaksudkan agar petani tidaklah selalu ketertinggalan dengan segala perkembangan informasi yang  terjadi mulai dari hulu-hilirnya bidang pertanian hingga persoalan harga pasar dengan cepat di ketahui oleh para petani yang diharapkan disaat panen raya harga tidak terjun bebas. 

Selaku Ketua Assosiasi Petani Pangan Indonesia APPI Jember Jumantoro mengatakan sinergis dan kolaborasi di era sekarang memiliki posisi yang sangat penting bagi pengembangan sektor pertanian. Untuk itu APPI Jember disaat ini telah intens melakukan kolaborasi dan sineragis secara mantap dengan pemerintah daerah kabupaten Jember dan dinas terkait yang diharapkan keberadaan APPI Jember ini mampu memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kesejahteraan para petani, tandasnya  (Senin,29/11/2021).

“Memasuki musim masa tanam  di masa penghujan ini kami mendorong dan menghimbau para petania  harus cerdas  dengan memilih dan memilah bibit dan jenis tanaman yang tahan terhadap orgasme pengganggu tanaman atau OPT. Langkah yang kami tempuh melalui sinergi dengan dinas pertanian dan ketahanan pangan sebuah usaha  dan sekaligus lompatan yang harus dilakukan sebagai upaya untuk penyambung informasi secara riil perwujudan program berkesinambungan antara dinas pertanian dengan warga masyarakat tani” imbuh Jumantoro.

Di lain pihak guna mendongkrak harga produksi pertanian yang lebih baik lagi saat ini pihak APPI Jember telah melakukan kerja sama dengan para investor maupun perusahaan yang bergerak dibidang pertanian yang diharapkan maksimalisasi penyerapan produksi serta adanya kepastian harga pasar. Dengan begitu akan berimbas posititf terhadap kepastian harga paska panen, serata harga produk pertanian tidak selalu terjun bebas saat panen raya dan tidak lagi membingungkan petani. Termasuk saat ini harga komoditi jagung di akhir tahun  2021 ini cukup baik serta menguntungkan bagi wong tani itu sendiri.

Menurut Jumantoro APPI Jember saat ini telah melakukan kemitraan dengan para pengusaha dan telah melakukan eksport berupa bahan komoditi ketela ke negera Jepang maupoun ke Korea. Hal ini mencerminkan bahwa terobosan dan langkah inovasi haruslah dilakukan sebagai peningkatan pendapatan petani menuju tingkat kesejahteraan. Mengingat pangan merupakan program strategis nasional yang didalamnya terdapat pengembangan ekonomi berbasis kerakyatan dan menjaga keutuhan dan ketahanan pangan secara nasional,  pungkasnya (Sanjoko Ade).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar