Kantor PN Jember Kini Ramah Difable

KBRN,Jember : Pengadilan Negeri Jember kini dilengkapi berbagai sarana dan faisilitas layanan ramah difable.

Sarana dan fasilitas bagi difable berupa aksesibilitas untuk masuk ke pengadilan hingga mengikuti persidangan. 

Aksesibilitas tersebut diantaranya telah tersediannya  jalur bagi penyandang disabilitas daksa dan netra berupa jalur khusus, sehingga memudahkan bagi disabilitas daksa,  yang menggunakan kursi roda, untuk melewati tempat tersebut.

Selain itu, di bagian jalan itu, ada Ubin Taktil berwarna kuning, agak menonjol. Sepintas terlihat seperti asesoris, tapi fungsi sebagai guiding block (panduan berjalan) bagi penyandang disabilitas netra, untuk memasuki ruang tunggu pengadilan.

"Pelayanan difabel tidak sebatas wacana dan pencitraan, tapi sudah diwujudkan di Pengadilan Negeri Jember," ujar Ketua Pengadilan Negeri Jember, I Wayan Rumega, Rabu (22/9/2021).

Tak hanya dari sarana dan prasarana,  pihaknya juga melakukan pelatihan yang diberikan bagi para pegawai belajar bahasa isyarat agat mampu berkomunikasi dengan mereka. 

"Setidaknya kita bisa menyampaikan selamat pagi, selamat siang, selamat sore dan menanyakan apa yang bisa dibantu, dengan bahasa isyarat,Kita melakukan MOU, dengan penerjemah bahasa isyarat dan huruf braile, sehingga bisa berkomunikasi, jika diantara mereka menjadi saksi dalam persidangan," terangnya.

Menurutnya, saat ini sudah ada instruksi Direktorat jenderal Badan peradilan umum (Dirjen Badilum) tentang Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas di Pengadilan Tinggi (PT) dan Pengadilan Negeri (PN). 

"Kami berkometmen untuk melaksanakan regulasi layanan bagi penyandang Disabilitas tersebut, pelayanan bagi masyarakat, yang utama dan sebagai seorang pemimpin melaksanakan tugas dengan Hati," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00