Cerita Penerima BST di Jember, Utuh Tidak Ada Potongan

KBRN,Jember : Nur Fadilah (59) warga Kabupaten Jember satu dari ribuan Keluarga Peneriman Manfaat (KPM) Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI. 

Raut wajah perempuan paruh baya itu terpancar perasaan bahagia sesaat usai menerima bantuan tunai sebesar Rp 600.000 dari Pemerintah yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia Cabang Jember, Kamis (29/7/2021).

Pandemi Covid 19 telah banyak berdampak terhadap kesulitan ekonomi masyarakat khususnya bagi masyarakat menengah kebawah tak terkecuali bagi keluarga Nur Fadilah.

Betapa tidak, pembatasan kegiatan masyarakat melalui PPKM Level 4 yang diterapkan di Kabupaten Jember, memaksa Dirinya sementara waktu tidak dapat menjalankan rutinitasnya yang berprofesi sebagai penjaga warung makan untuk bisa beroperasi secara normal. 

Kondisi itu diakui sangat berdampak terhadap minimnya pendapatan yang diperoleh untuk memenuhi kebutuhan keluargannya sehari-hari.

"Kalau saya setiap harinya, cari nafkah hari ini untuk dimakan besok, sedangkan kondisi saat ini pembeli jarang dan jam operasional masih dibatasi karena dampak pandemi covid, bisa dapat uang  buat makan besok saja, sudah sangat bersyukur," ujarnya ditemui RRI,Kamis (29/7/2021).

Kendati tak dapat beraktifitas normal mencari nafkah akibat pandemi Covid 19, namun dirinya mengaku tetap mengikuti anjuran Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

"Buat saya pribadi kesehataan itu sangat penting dan menjadi yang utama dibanding lainnya, mudah-mudah dengan kepatuhan dan kesadaran kita semua, covid ini bisa segara berakhir dan kembali hidup normal," ajaknya.

Dirinya sangat bersyukur masih terdata sebagai salah satu penerima Bantuan Sosial yang digelontorkan Pemerintah. Bagi Nur Fadilah bantuan yang diterima sangat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan hidupnya beserta keluarga.

"Alhamdulillah bantuan yang saya terima 600 ribu rupiah tanpa ada potongan apapun, saya terimanya utuh, cukuplah untuk makan selama sebulan," tandasnya.

Sementara Kepala PT Pos Indonesia Cabang Jember Suwandi mengungkapkan pihaknya melakukan percepatan penyaluran BST sesuai mekanisme panyaluran dari Kementerian Sosial guna membantu meringankan beban ekonomi masyarakat terdampak Covid 19

"Total penerima manfaat BST di Kabupaten Jember sekitar 33.520 KPM, penyaluran sudah dilakukan sejak hari minggu dan sampai tanggal 30 Juli besok, namun demikian jika ada masyarakat yang belum sempat mengambil sesuai jadwal, tetap akan kita bayarkan sampai kapanpun selama belum ada ketentuan dari pemerintah untuk distop," kata Suwandi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00