Tagana Lumajang Pantau Ombak Tinggi dan Rusak

KBRN Lumajang : Sejumlah relawan di Lumajang Jawa Timur mewaspadai adanya ombak tinggi dan rusak serta air laut mengalami peningkatan debit air sejak pagi tadi. 

Melihat kondisi demikian para relawan melakukan pemantauan secara khusus di Pinggir pantai Tempursari Lumajang, rabu (26/5/2021) sejak pagi hingga nanti malam pukul 22.00 WIB karena biasanya ombak terjadi tinggi pada sekitar jam tersebut.

Menurut Koordinator Taruna Siaga Bencana -Tagana Kabupaten Lumajang Mokhamad Eko Santoso, pada pukul 17.25 Wib kondisi ombak dan volume debit air laut selatan Tempursari sudah mulai normal kembali setelah sejak pagi volume air laut mengalami peningkatan cukup signifikan di sekitar Desa Bulurejo Tegalrejo Kecamatan Tempursari Lumajang.

"Alhamdulilah ombak sudah berangsur-angsur mulai turun dan jika tadi pagi sampai sore ombak tinggi dan debit air terjadi pasang namun tidak sampai ke pemukiman,"Katanya Rabu (26/05/2021).

Ketua Tagana Lumajang Eko Santoso juga mengatakan, pihaknya bersama para relawan Kampung Siaga Bencana - KSB yang belum lama ini telah dikukuhkan oleh Bupati Lumajang berkomitmen untuk menjalankan tugasnya sebagai relawan Garda yang paling depan sebagai implementasi ujung tombak Masyarakat guna menggali informasi untuk menekan jumlah resiko korban jiwa jika memang terjadi bencana atau mitigasi bencana, meskipun kejadian bencana tentu saja tidak diharapkan oleh semua pihak.

"Relawan akan memberikan informasi yang terbaru yang kita sampaikan sehingga masyarakat yang ada di sekitar Tempursari selalu waspada dan siap bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tegasnya.

Masyarakat saat ini diminta untuk tidak panik dan tetap tenang serta tidak mudah terprovokasi informasi hoax dan diharapkan untuk berdoa pada alloh SWT agar semua baik baik saja, namun demikian masyarakat diharapkan selalu meningkatkan kewaspadaan apabila benar terjadi bencana. (KA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00