Gempa Tektonik di Blitar Terasa Hingga Situbondo

Warga Situbondo, Jawa Timur, saat berada di ruang tunggu rumah sakit, juga ikut merasakan gempa bumi berkekuatan 6,2 SR di wilayah Blitar, Jawa Timur.

KBRN, Situbondo : Gempa bumi bermagnitudo 6,2 SR yang baru saja terjadi sekitar pukul 19:09 WIB, terasa hingga Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. 

Prihatin Pujiastuti, salah seorang warga Situbondo mengaku merasakan getaran gempa yang terjadi saat dirinya menjenguk keponakannya di rumah sakit.

"Saya pikir pusing, eh ternyata gempa," akunya, Jumat (21/5/2021).

Ia berharap, semoga bencana gempa kali ini, tidak menimbulkan kerugian apapun, dan tidak juga berpotensi tsunami.

"Semoga semua baik-baik saja," ucapnya. 

Hal yang sama diakui Ahmad Tobi Firdaus. Dia kaget dan langsung beranjak dari tempat duduknya, begitu merasakan getaran gempa yang diyakini berlangsung selama 5 detik.

"Saya dan adik saya langsung lari keluar rumah, hawatir ada gempa susulan," akunya.

Sementara itu, rilis BMKG menyebutkan, gempa tektonik berkekuatan 6,2 SR yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 5,9 SR terjadi di wilayah Blitar, Jawa Timur.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,63 LS dan 112,34 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 57 km arah Tenggara Kabupaten Blitar, Jawa Timur pada kedalaman 110 km. 

Meskipun gempa tersebut menimbulkan kerusakan ringan pada beberapa bangunan fasilitas umum dan rumah warga, namun gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami. 

BMKG mengimbau kepada masyarakat, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, dan hanya mempercayai informasi resmi yang bersumber dari BMKG.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00