Bupati Situbondo Gagal Lantik Kades Terpilih

KBRN, Situbondo: Bupati Situbondo, Jawa Timur, Dadang Wigiarto, gagal melantik Kepala Desa Kumbangsari, Kecamatan Jangkar. Semestinya, Syamsuyono, kepala desa terpilih pada pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang dilaksanakan pada 23 Oktober 2019, dilantik bersama dengan 115 kepala desa lainnya.

"Sebenarnya tinggal menunggu keputusan perdamaian yang saat ini masih belum diputus oleh pengadilan," kata Bupati usai melantik 115 kepala desa di Aula GOR Situbondo, Senin (30/12/2019).

Bupati mengemukakan, pilkades di Desa Kumbangsari menyisakan sejumlah permasalahan, salah satunya adanya dugaan kecurangan saat penghitungan perolehan suara calon kepala desa yang dilakukan oleh panitia pilkades di tingkat desa. 

"Pada proses penghitungan, ada ketidakpuasan karena faktor-faktor tertentu, kemudian selisihnya sedikit, hanya 14 suara," ungkap Bupati.

Menurut Bupati, seharusnya hal ini tidak akan terjadi, jika Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), melaporkan permasalahan perselisihan kepada Bupati. Karena panitia pilkades kabupaten dalam hal ini DPMD menolak laporan masyarakat Desa Kumbangsari terkait dugaan kecurangan penghitungan, akhirnya masalah ini meruncing hingga ke pengadilan.

"Dinas menolak begitu saja tanpa melaporkan ke saya terlebih dulu. Ini persoalannya, padahal semua tanggugjawab secara konkrit itu ada kaitannya dengan kepala daerah," beber Bupati.

Bupati dua periode ini memastikan, bahwa tidak akan ada perubahan terhadap perolehan hasil suara pilkades di Desa Kumbangsari, jika putusan pengadilan mengamanatkan untuk dilakukan penghitungan ulang di tingkat kabupaten. Sebab surat suara masih berada di Gudang KPU dan kunci kotak suara dipegang oleg DPMD.

"Ketika dihitung ulang ternyata ada selisih, namun kades terpilih tetap unggul, ya kita lantik. Tapi jika ternyata hasil hitungan kades terpilih kalah, berarti jelas ada kecurangan dan pasti akan kami batalkan kemenangan kades terpilih, ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00