Bimtek PPK, Penguatan Kapasitas Pengawas Kecamatan

KBRN, Situbondo: Sebanyak 51 Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) selama tiga hari, yang berakhir pada Rabu (25/12/2019) kemarin.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Situbondo Murtapi' menjelaskan, pengawas kecamatan diwajibkan ikut bimtek dalam rangka penguatan kapasitasnya sebagai pengawas pemilu pada penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Situbondo. 

"Bimtek merupakan kewajiban Bawaslu yang harus dilakukan, agar mereka memahami tugas-tugasnya, kewenangannya, dan kewajibannya sebagai pengawas," ujar Lopa, sapaan akrab Murtapi' kepada RRI, Kamis (26/12/2019).

Pengawas kecamatan ditekankan untuk memahami regulasi terkait pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020. Sebab regulasi ini berbeda pada saat penyelenggaraan pemilihan umum pada April 2019 lalu.

"Kalau pemilu regulasinya lebih fokus pada aturan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilihan umum. Sementara yang akan dihadapi sekarang yaitu pemilihan Bupati dan Wakil Bupati," terang Lopa.

Ada delapan materi bimtek yang diterima pengawas kecamatan, yaitu, Tata Kelola Sumber Daya Manusia, Tata Kelola Organisasi, Nilai-Nilai Dasar Pengawas, Kepengawasan, Penanganan Pelanggaran, Penyelesaian Sengketa, Kesekretariatan dan tentang Pelaporan. 

"Sepulang dari bimtek, mereka harus mempersiapkan struktur kelembagaan, dan kesekretariatan," imbuh Lopa. 

23 September 2019, Situbondo akan menggelar pesta demokrasi, yaitu pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Situbondo periode 2020 - 2024. Tahapannya sudah dimulai sejak 1 November 2019, sesuai dengan PKPU Nomor 15 Tahun 2019.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00