Terganjal Keabsahan Ijasah, Satu Cakades Mayang Dinyatakan Gugur

KBRN,Jember: Panitia Pemilihan Kepala Desa/Kecamatan Mayang, Jember akhirnya resmi mengugurkan satu nama Calon Kepala Desa yakni Asad sebagai Kandidat Calon Kepala Desa Mayang pada pelaksanaan Pilkades serentak yang dirwncanakan akan digelar November mendatang.

Kepastiaan itu berdasarkan dari hasil Pengesahaan dan Penetapan Calon Kepala Desa yang digelar Panitia di Balai Desa Mayang, Kecamataan Mayang, Jember, Senin (18/10/2021).

Ada lima nama Cakades yang mendaftar,namun panitia hanya meloloskan empat orang Cakades yang melanjutkan tahapan untuk melakukan pengambilan nomor urut.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Mayang Hasan Basri mengatakan berdasarkan hasil verifikasi  berkas perayaratan, satu cakades atas nama Asad terkendala karena keabsahaan ijasah yang bersangkutan.

"Setelah menerima Surat Peryataan dari pihak Kemenang dan Yayasan yang menyatakan mencabut Surat Keterangan dan Legalisir Ijasah dan Surat Tanda Tamat Belajar dari nama bersangkutan, maka Panitia Pelaksana Kabupaten akhirnya memutuskan yang bersangkutan tidak lolos dan gugur dari pencalonannya" ujarnya.

Menurut Hasan, Panitia Pilkades di tingkat  Desatelah melaksanakan tahapan sesuai prosedur, meski sebelumnya dalam forum pengesahan dan penetapan Cakades itu sempat diwarnai aksi protes dari Calon yang dinyatakan tidak lolos dan terkendala legalitas formal ijasah yang dimilikinya.

"Kita juga sebelumnya telah melakukan rapat koordinasi bersama dengan panitia kabupaten serta menghadirkan calon yang merasa dirugikan itu untuk mengklarifikasi permasalahan itu, namun belum selsai acara yang bersangkutan meninggalkan forum itu, semuannya sudah kita tuangkan di berita acaranya," terangnya.

Sementara itu empat orang Cakades Mayang yang dinyatakan lolos yakni Hatib, Eli Febryanto, Adi Sucipto dan Langgeng Wibawanto. Setelah memperoleh nomor urut, Keempat Calon Kades akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni penyampaiaan visi misi dan Kampanye.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00